17 Posyandu lakukan Imunasi Difteri bersamaan di Sawangan Depok.

0
108
Ketua TP PKK Kelurahan Bedahan, Yani Eka Suryani (tengah) saat mendampingi anak imunisasi difteri .

godepok.Program ORI melalui imunisasi difteri akan diberikan tiga kali secara bertahap dan hari ini ribuan anak usia 0-19 tahun di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan ikuti program outbreak response immunization (ORI).

Ketua TP PKK Kelurahan Bedahan, Yani Eka Suryani mengatakan, program ORI tahap pertama  dilakukan secara serentak di 17 Posyandu dan untuk anak usia 5-19 tahun dapat melakukan imunisasi di sekolah baik TK, SD, SMP, SMA dan Puskesmas setempat.

“Untuk di Posyandu sendiri ada sekitar 1.190 anak yang telah diberikan vaksin, bahkan banyak juga anak usia sekolah yang ikut imunisasi di Posyandu. Sedangkan untuk anak usia sekolah akan diberikan vaksin ketika masuk sekolah,” kata Yani usai mendatangi Posyandu Agggrek RW 03, Kelurahan Bedahan, Kamis (04/01/2018).

Lanjutnya, Yani, pihaknya akan terus berupaya agar seluruh anak di Kelurahan Bedahan mendapatkan imunisasi difteri lengkap. Untuk itu, dirinya pun memaksimalkan kinerja TPP PKK, Puskesmas dan seluruh kader Posyandu untuk menyukseskan 100 persen imunisasi difteri.

“Setiap anak diberikan kartu imunisasi untuk mencatat tahapan vaksin yang diberikan. Vaksin setiap usia juga dibedakan untuk usia 0-5 tahun  diberikan vaksin DPT-HB, usia  5-7 tahun vaksin DT, sedangkan usia 7-19 tahun diberikan vaksin Td,” tuturnya.

Pihaknya terus berupaya untuk memberikan sosialisasi ORI kepada masyarakat, agar para orangtua di Bedahan sadar dan paham bagaimana pentingnya imunisasi difteri itu.

“Keberhasilan ORI tahap pertama di Bedahan  dikarenakan antusias orangtua yang cukup tinggi. Kami memanfaatkan internet untuk meyakinkan bahwa difteri mengancam anak-anak bahkan orang dewasa. Jadi jangan dianggap remeh, dan wajid ikut vaksin,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV TP PKK, Kelurahan Bedahan, Susilawati menjelaskan, pemberian vaksin tahap kedua akan berselang selama satu bulan dari pemberian vaksi pertama. Kemudian untuk tahap ketiga akan diberikan selang 5- 6 bulan setelah tahap kedua.

“Tahap pertama telah mencapai 95 persen. Untuk itu pihaknya berharap tahap selanjutnya juga akan mencapai target, sehingga seluruh anak di Bedahan sehat dan bebas ancaman penyakit,” tutupnya( tim redaksi godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here