5 Hal Penting Saat Menyeduh Kopi Yang Perlu Diperhatikan

0
19

godepok-Lifestyle. Meminum kopi sekarang menjadi trend, petani kopi naik kasta karena makin menjamurnya dari kedai kopi Sampai caffe kopi sangat gampang ditemukan, namun ada cara menyeduh kopi yang jarang di perhatikan, meski kelihatannya sepele, menyeduh kopi juga ada tantangannya. 5 hal ini perlu diperhatikan agar hasil seduhan kopinya enak.

Bagi pecinta kopi, minum kopi di pagi hari tentu telah menjadi suatu keharusan. Karena secangkir kopi di pagi hari dapat mengatur suasana hati di sepanjang harinya.

Seperti yang telah dilansir dari IOL (9/6), founder dari Shrewd Food, Ingrid Shevlin telah menjelaskan beberapa hal dalam membuat secangkir kopi, dan berikut 5 hal yang perlu diperhatikan.

1. Suhu

Ternyata kopi harus disajikan dalam cangkir yang sudah dipanaskan sebelumnya serta harus dengan suhu yang pas. Hal ini dilakukan supaya dapat langsung diminum, tanpa harus membuat lidah ‘terbakar’.

Saat menyeduh kopi, seorang barista biasanya menggunakan air yang berada dalam kisaran suhu tertentu: antara 195 ° F (90 derajat celcius) – 205 ° F (96 derajat celcius). 

Kalau tak ada termometer, jangan gunakan air yang benar-benar mendidih. Jika air terlalu panas, ekstraksi kopi akan berlebihan sehingga rasanya lebih pahit. Setelah didihkan air, matikan api dan biarkan selama 30 detik. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan suhu ideal dalam menyeduh kopi.

2. Waktu

Kopi harus diseduh antara 20 – 30 detik untuk mencapai rasa yang sempurna. Apabila kurang dari itu, kopi tidak akan memiliki rasa yang pas, sedangkan jika diseduh lebih dari 30 detik, aftertaste kopi akan terasa lebih pahit.

3. Tekstur Busa

Jika Anda suka minum cappuccino, Anda perlu memperhatikan tekstur busa susu yang biasa ada pada cappuccino. Karena sebaiknya bertekstur halus dan padat, sehingga busa dapat bertahan hingga tegukan terakhir dan tetap bisa dinikmati.

4. Biji Kopi

Hal yang paling diperhatikan adalah biji dari kopi tersebut. Biji kopi terbaik biasanya ada selama sekitar lima belas hari setelah dipanggang, tetapi masih bisa dinikmati selama tiga puluh hari setelah dipanggang. Namun setelah periode ini, biji kopi akan kehilangan rasa. 

Ada banyak aroma dan wangi yang tertangkap dari biji kopi setelah digiling. Semua komponennya akan masuk ke dalam seduhan kopi Anda. Sebelum menyeduh, cium dulu aroma bubuk kopi, jika aroma kopi masih tajam dan tidak tengik, tandanya masih baik untuk di seduh.

5. Barista Sangat Berpengaruh

Membuat kopi yang baik adalah seni dan juga profesi. Itulah sebabnya para barista harus dilatih terlebih dahulu. Temukan barista yang membuat kopinya dapat menenangkan jiwa Anda dan kopi memilki rasa yang enak dan beda dengan yang lainnya, secangkir kopi sebagai pemicu semangat seharian. (bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here