Aksi Cepat Tanggap Habib Riza Tanggulangi Corona

0

godepok-Peristiwa, — Rumah Aspirasi Habib Riza Alhabsyi membagikan hand sanitizer kepada pengemudi angkutan umum dan pengemudi ojek online, di terminal bayangan dan shelter ojol di dekat Stasiun Depok Baru.

Habib Achmad Riza Alhabsyi membagikan langsung kepada pengemudi angkot  , didampingi Pimpinan Pondok Pesantren At-Tibyan Kota Depok KH DR Muhammad Yusuf Hidayat.

Pembagian hand sanitizer tersebut didasarkan atas mahalnya barang tersebut setelah berhembusnya pandemi Covid-19 di Depok dan kepedulian pentingnya kebersihan tangan mereka pada saat melakukan transaksi pembayaran.

Penumpang dan pengemudi sangat riskan sebagai mediasi penyebaran virus Korona, bila ada salah satunya yang terkena. “Ini terlihat jelas masyarakat belum mendapatkan sosialisasi yang cukup berkenaan dengan wabah Korona, sedangkan Kota Depok sudah masuk zona merah,” kata Habib Riza.

Sementara itu, kebutuhan atas hand sanitizer dan masker sangat diperlukan masyarakat dan untuk sekelas sopir angkutan umum juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan karena mahalnya harga dipasaran. Sementara itu pendapatan mereka pun semakin menukik tajam dengan kebijakan pemerintah melakukan WFH.

Habib Riza mengatakan, para sopir untuk selalu membersihkan tangan sesudah transaksi, atau menerima serta mengembalikan pembayaran dari penumpang.

“Sungguh ironi memang bila kesehatan jadi terabaikan, karena sosialisasi yang kurang pada mereka. Di satu sisi saya juga melihat kondisi dilapangan, social distancing sulit dilakukan pada para penumpang angkutan umum maupun ojol. Saya harapkan Pemkot Depok dapat membantu cara pencegahan penyebaran Corona bagi mereka, seperti pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan pada kendaraan umum” tegas Habib.

Secara terpisah, Juru Bicara Rumah Aspirasi Habib Riza Alhabsyi, Adi Febrianto Sudrajat menambahkan, alasan memberikan hand sanitizer kepada para sopir angkutan umum karena mereka itu bisa sebagai korban virus Korona atau jadi Carrier. Karena transaksinya masih manual, pihaknya menilai ketika mereka lalai atas kebersihan bisa berisiko untuk menjadi sakit dan bisa menularkan terhadap orang lain.

“Jadi kami sosialisasikan kepada para sopir angkutan umum setelah menghitung uang jangan lupa pergunakan hand sanitizer. Ini penting, karena satu kendaraan umum ini memuat banyak orang. Kami berharap pembagian hand sanitizer tersebut menjadi efektif dalam mencegah penyebaran virus Korona,” tegasnya. (bhimo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here