Antisipasi Penyalahgunaan Napza,Dinkes Gencarkan Sosialisasi

0
168

Godepok,Guna mengantisipasi fenomena yang belakangan terjadi, yakni kasus puluhan pelajar terkapar usai mengonsumsi Pil PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu terjadi di Kota Depok,Dinas Kesehatan (Dinkes) terus menggencarkan sosialisasi tentang bahaya Napza

Kepala Seksi promosi kesehatan(Promkes)Dinas Kesehatan Kota Depok Tri Wahyunigsih mengatakan,pihaknya terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat dan ke sekolah sekolah di Kota Depok terkait bahaya Narkoba Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya(Napza).Karena kata Tri, Narkoba atau NAPZA adalah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan dan psikologi seseorang dan menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

“Meski belum terindikasi adanya korban akibat mengkonsumsi Pil PCC di Kota Depok seperti yang marak diberitakan, pihaknya harus selalu waspada terhadap bahaya Napza di kalangan masyarakat apalagi pelajar,”ujarnya kepada godepok.com,Jumat(22/9).

Untuk itu, lanjut Tri,berbagai upaya preventif terus dilakukan secara rutin, seperti roadshow ke sekolah sekolah dan ke masyarakat secara langsung, hal tersebut dilakukan agar pengetahuan tentang bahaya napza tersebut dapat diketahui sejak dini.

“Karena saat ini Napza semakin merajalela danjenisnya pun semakin beragam, oleh sebab itu, pencegahan harus selalu dilakukan agar dapat meminimalisir bertambahnya korban akibat Napza,”terangnya.

Tri juga menghimbau kepada para orang tua agar lebih perhatian kepada anaknya,agar sang anak tidak merasa kurang perhatian dan mencoba hal hal yang tidak diinginkan diluar rumah.

“Jika dari dalam keluarga sudah ada kenyamanan tidak mungkin anak mencari kenyamanan diluar rumah,”tandasnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here