Antisipasi Terjadinya Pohon Tumbang, DLHK Intensifkan Pengawasan

0
8

godepok – Pasca adanya kejadian pohon tumbang yang diakibatkan oleh hujan deras dan angin kencang yang terjadi belum lama ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melalui Bidang Tata laksana dan Konservasi gencar melakukan pengawasan pohon di sejumlah wilayah.

Kepala Seksi Konservasi DLHK Kota Depok, Rizal Maulana mengatakan, peristiwa pohon tumbang belum lama ini murni karena cuaca ekstrim yang kerap terjadi belakangan ini, dan dari data yang kami terima, dari 10 titik kejadian kemarin, sekitar 4 pohon yang tumbang, dan 6 pohon yang dahan nya patah.

“Jenis pohon yang tumbang tersebut antaralain, pohon angsana, trembesi, flamboyan, tropongan dan jati jabon,” ujar Rizal kepada godepok.

Mengingat cuaca ekstrim seperti hujan yang disertai angin kencang, kata Rizal, pihaknya bakal memaksimalkan pengawasan terhadap pohon disejumlah wilayah yang dianggap rawan akan terjadinya pohon tumbang atau dahan yang patah.

“Kami akan memaksimalkan tim yang ada untuk melakukan pengawasan serta melakukan antisipasi seperti pemangkasan terhadap pohon yang dianggap rawan tumbang jika terjadi hujan deras disertai angin kencang,” terangnya.

Sebelumnya, lanjut Rizal, pihaknya juga telah melakukan kajian serta pendataan terhadap pohon disejumlah wilayah, seperti di Jalan Bahagia Raya, Proklamasi, Merdeka, Juanda, Margonda, Tanah Baru dan Jalan Akses ui kelapa dua guna mengetahui kondisi pohon yang ada.

“Dari hasil kajian dan pendataan serta pengamatan pohon di tujuh lokasi tersebut, sekitar 2305 pohon dari 45 jenis yang ada, ada 57 pohon yang kondisinya rusak berat dan 18 pohon yang mati, selebih dalam kondisi yang sehat,” katanya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here