BANJIR JAKARTA “RIBUT SOAL BANJIR”

0
26

godepok/Jakarta – Menurut bang Ridwan Saidi Jakarta itu adalah kampung air. Kampung air itu bernama rawa. Lihat saja di Jakarta banyak sekali nama nama kampung dengan nama rawa. Mulai dari Rawa Sari, Rawa Bunga, Rawa Bokor dan rawa rawa lainnya.

Yang dimaksud rawa oleh bang Ridwan Saidi adalah hamparan lahan yang berair. Rawa ini ada yang airnya air tawar tetapi ada pula yang airnya payau atau asin. Jika air tawar rawa tersebut dikenal juga dengan nama rawa Lebak. Sedangkan jika airnya payau dikenal dengan rawa pasang surut.

Di seluruh Jakarta rawa Lebak itu banyak dijumpai pada daerah yang belum atau tidak ada pengaruh air laut. Sedangkan rawa pasang surut dijumpai pada daerah yang ada pengaruh pasang surut air laut.

Bang Saidi lebih lanjut mengatakan kepada mereka yang mengeluh tentang banjir di Jakarta suatu pesan penting. Bahwa yang namanya kampung air berarti tempatnya air. Seiring berjalannya waktu kampung air itu ditempati orang. Karena itu jangan heran jika air mengamuk karena kalianlah yang menempati kampungnya air bukan air yang menempati kampungnya orang. Beliau menyarankan agar jangan mengeluh jika terjadi banjir.

Note : INI TULISANNYE BABE RIDWAN SAIDI

Sumber : Kompasiana/Gambar : Jakshared

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here