Beasiswa Training Komunikasi Prodi Vokasi Humas UI – The Hatch

0
4
Universitas Indonesia

godepok-Pendidikan. Bertempat di Laboratorium Humas, Prodi Vokasi Humas, Klinik Digital dan The Hatch menyelenggarakan proses seleksi program Boot Champ Camp 2019. Kegiatan diikuti lebih dari 40 peserta.

“Hasil studi tim Klinik Digital selama 1 tahun, di era digital ini, ada lima pekerjaan di bidang komunikasi yang menjadi kebutuhan utama industri yaitu Digital Strategist, Content Writer, Account Executive, Media Planner dan Creative,” ujar Devie Rahmawati, Kaprodi Vokasi Humas UI pada wartawan Kamis (18/7).

Dia menambahkan Tahun ini, Klinik Digital, Vokasi Humas dan The Hatch sepakat memberikan tiket training Gratis bagi masyarakat luas yaitu lulusan SMK dan mahasiswa program vokasi dari universitas lainnya.

Agar dapat meningkatkan kapasitas ketrampilan teknis di bidang komunikasi yang tepat sasaran dengan kebutuhan industri.

Mengingat ketrampilan komunikasi dibutuhkan di semua industri.

Program Studi Vokasi Humas dalam kurikulumnya sudah sejalan dengan yang digariskan oleh Organisasi Dunia, dimana professional humas harus memiliki Kompetensi Double Track.

Kemampuan Teknis dan Strategis. Hal ini yang mendorong mahasiswa lulusan Vokasi Humas mampu menghasilkan produk – produk teknis seperti desain cetak, multimedia (audio-visual), menyelenggarakan beragam kegiatan (konferensi, pameran, konser, diskusi, CSR, dll) hingga program strategis yaitu membangun reputasi, merubah budaya organisasi, menyelesaikan konflik hingga krisis komunikasi.

Inilah yang mendorong prodi vokasi humas tidak berhenti menyiapkan bahan bakar ketrampilan, bahkan di masa liburan seperti saat ini.

Sementara itu Lasya, dari instruktur Prodi Vokasi Humas UI menambahkan di The Hatch selama ini telah mengumpulkan masukan dari Industri yang hampir semua mengeluhkan sumber daya manusia yang dibutuhkan tidak sesuai dengan harapan industri.

“Oleh karenanya, kami semenjak tahun lalu, telah mendukung program vokasi humas UI, yang dalam metode pengajarannya sudah fokus mempersiapkan peserta didik agar mampu memenuhi harapan industri akan pekerja yang profesional dan siap langsung bekerja,” ujarnya.

Champ Camp adalah program training tahunan, untuk memperkuat kompetensi mahasiswa vokasi humas, yang semenjak tahun 2018, telah 100% berada di industri semenjak semester 5.

Kurikulum 3-2-1 menekankan pengajaran praktik dan teori di laboratorium kampus selama 3 semester, lalu dua semester berikutnya para mahasiswa belajar di kantor-kantor industri setiap harinya dan pada semester akhir, mahasiswa magang sembari menyusun tugas karya akhir.

“Persyaratan yang dibutuhkan ialah mengirimkan data diri dan portofolio karya terkait dengan lima pekerjaan yang kami siapkan trainingnya,” katanya.

Proses cukup mengirimkan dua dokumen tersebut secara online ke The Hatch dan Klinik Digital.

“Lalu kami akan melakukan seleksi internal dengan pengajar di Prodi vokasi humas. Dua pendaftar yang diterima, akan mengikuti training selama 1 bulan bersama mahasiswa vokasi humas,” katanya.

Bagi masyarakat yang berminat, pendaftaran Beasiswa Training Komunikasi Booth Champ Camp Vokasi Humas ini akan dibuka sampai 12 – 16 Juli 2019 dengan mengirimkan biodata dan portofolio ke klinikdigital@vokasi.ui.ac.id; halo@thehatch.id; prodi.humas@vokasi.ui.ac.id.

Pengumuman penerima beasiswa akan diberikan melalui email pada tanggal 18 Juli 2019. Training akan dimulai pada 22 Juli 2019 di kampus Vokasi UI, Depok.(dro godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here