Belasan Motor Berknalpot Bising Ditilang, Suruh Dicopot di Lokasi

0

godepok-SeputarDepok, Belasan  motor berknalpot racing berhasil ditilang anggota Satlantas Polres Metro Depok, dalam operasi knalpot bising di Kota Depok.

Operasi dipimpin Iptu Fitri dan AKP Firdaus dengan jumlah 12 anggota menggelar operasi di dua titik berbeda di Jalan Margonda arah Jakarta dan Persimpangan Juanda arah Tol Cijago.

Hasilnya anggota berhasil menilang 19 motor berbagai bentuk jenis matik, sport. “Semua motor kita tahan di Polres Metro Depok dengan memberikan tilang,”ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Andi Muhamad Indra Waspada, Kamis (18/3).

Dia mengungkapkan bagi pengendara motor yang ditahan di Polres, untuk segera mengganti knalpot bising ke standar.

“Kalau mau mengambil motor di polres, bawa knalpot yang standar dan langsung diganti,”ujarnya.

Dia menambahkan selain operasi knalpot bising pihaknya juga akan segera merealisasikan tilang elektronik atau E TLE.

“Dalam wakti dekat awal penerapan tilang elektronik atau electronic traffic Law Enforcement (E-TLE)  di sekitar jalan protokol seperti Margonda dan Juanda akan lebih memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan bagi pelanggar  kendaraan bermotor yang melanggar lalu lintas,”ungkapnya.

Sementara itu untuk pertama kali, lanjut AKBP Indra, pelanggar akan difokuskan terutama pengguna mobol yaitu titik sorot berula penggunaan sabuk keselamatan dan telepon selular (Ponsel).

“Sementara ini kita fokus dengan kendaraan roda empat atau mobil dulu ,”katanya.

Teknis pencatatan pelanggaran langsung terpantau kamera E-TLE. Jika ada pelanggar akan langsung terekam dan terdokumentasikan oleh kamera.

Selanjutnya operator E-TLE membuat surat pemberitahuan dan surat dikirimkan ke alamat yang tertera di data kendaraan.

Pelanggar memiliki waktu dua pekan untuk melakukan pembayaran tilang tersebut.

“Setelah dari sana maka pelanggaran akan memberitahu ke pihak kita supaya untuk menggantikan barang bukti tersebut. Kalau surat pemberitahuan itu tidak diindahkan secara otomatis nanti kendaraan itu akan terblokir,”katanya.

Tahun ini kamera E TLE baru di satu titik saja yaitu di Jalan Margonda.

“Untuk tahun depan kita bekerja sama dengan pemerintah kota ada dua titik lagi.”katanya.(AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here