Bentuk Karakter Anak Melalui Sepakbola

0
443

Godepok, Sepak bola adalah olahraga yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Namun sayangnya,kebanyakan masyarakat terutama anak-anak hanya memandang sepakbola hanya sekedar sebuah permaian dan olahraga, padahal, dalam sepakbola ada banyak manfaat positif,salah satunya, sepakbola dapat menjadi sarana anak-anak untuk belajar tentang pembentukan karakter. Sebab, Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti  yang melibatkan aspek pengetahuan (kognitif), sikap dan perasaan (afektif), serta tindakan (psikomotorik).

Pendiri Javas Soccer School, Andi Kuswandi mengatakan, Sebenarnya didalam permainan sepakbola, ada hal-hal positif yang dapat diajarkan kepada anak anak, seperti mengajarkan anak akan semangat pantang menyerah, kebesaran jiwa untuk menerima kemenangan maupun kekalahan, tanggungjawab akan tugas, perjuangan dan pengorbanan, toleransi, kerja sama dalam mencapai tujuan dan semangat untuk selalu bekerja keras.

“Disepakbola itu ada prinsip grassroots football dari FIFA,yang dimana anak anak diharuskan dalam susana gembira, sepakbola juga mengajarkan kebersamaan dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa dipetik dari sepakbola khususnya untuk anak anak,”ujar Andi kepada godepok.com,Minggu(24/9).

Selain itu, kata Andi, dengan sepakbola ini juga dapat membentuk karakter anak karena didalamnya juga anak dapat belajar tentang saling menghormati, bertanggung jawab, rendah hati, sportif, dan peduli lingkungan.

Untuk itulah,lanjut Andi, dengan landasan tersebut dirinya mendirikan komunitas Javas Soccer School sejak 23 Juli lalu dengan Visi menjadikan anak anak yang cekatan berkarakter dan unggul, serta Misi yang diutamakan adalah bagaimana menciptakan Anak-anak yang cekatan dan Gembira,membangun Karakter Ungguldan mewujudkan Ketahanan Keluarga melalui Sepak Bola.

“Keluarga merupakan pondasi dasar dalam terwujudnya sebuah kota atau wilayah. Salah satu elemen yang dapat mewujudkan tercapainya visi dan misi sebuah kota adalah keluarga. Apabila tingkat kesejahteraanya tercapai dari keluarga yang ada dalam kota tersebut maka menjadi sebuah indikasi bahwa pembangunan di Kota itu berhasil dilaksanakan, dan kerja pemerintah pun dapat dinilai baik,”terangnya.

Menurutnya,kebutuhan kebersamaan dalam keluarga bisa dijawab dengan kegiatan berolahraga, mulai dari sini kita akan membicarakan olahraga dengan fokus pada sepak bola, saat ini sekolah bola sangat menjamur diberbagai wilayah, namun,sekolah bola yang ada saat ini masih banyak yang tidak memahami bagaimana keterlibatan keluarga baik itu bapak, ibu dan anak itu sendiri.

“Mayoritas di sekolah bola yang ada hanya menitik beratkan pada latihan teknik permainan sepakbola saja, tapi jika di Javas Soccer School ini bukan hanya mengajarkan teknik bermain bola saja tapi kami juga mengajarkan bagimana melalui sepakbola dapat menjadi wadah pendidikan karakter anak tersebut,”pungkasnya.

Untuk diketahui, Javas Soccer School adalah komunitas bola yang bersifat sukarela sehinga memerlukan keterlibatan berbagai pihak, baik dukungan finansial maupun sukarelawan,lokasi kegiatan dipusatkan di lapangan BIG Limo Depok dan sampai saat ini jumlah siswa dari Javas Soccer School ini sudah mencapai 50 orang.

Sekolah sepakbola ini gratis tanpa dipungut biaya, Andi berharap kedepannya semakin banyak anak anak yang bergabung menjadi siswa dan Javas Soccer School ini semakin besar sehingga makin banyak orang yang perduli.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here