Cara Mudah Lakukan Pengecekan Mobil Akibat Terendam Banjir

0
Simulasi pengecekan mobil pasca banjir

 

godepok. Cuaca ekstrim serta curah hujan yang cukup tinggi seperti saat ini, banyak pengendara yang terpaksa menerobos banjir bahkan sampai membuat kendaraan terendam air.

Lalu apa yang mesti dilakukan jika mobil terpaksa menerobos banjir dan bahkan membuat kendaraan kita terendam?

Untuk itu, Dr.TM Speed ingin berbagi tips singkat ketika mobil anda terendam banjir.

Jika mobil anda terendam banjir sebaiknya jangan langsung mencoba untuk menstater mobil karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin anda, dan langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka kap mesin terlebih dahulu, lalu, Perhatikan kondisi mesin anda, seperti melihat kondisi level oli pada stik oli dan pastikan level oli anda tidak melebihi dari batas maksimum.

“Hal tersebut bertujuan untuk mengecek kondisi oli, apakah air yang masuk bercampur dengan oli atau tidak,” ujarnya.

Kemudian,Perhatikan filter udara,lalu buka tutup filter udara dan pastikan filter udara tidak basah, jika basah berarti air sdh masuk ke intake manifold dan stanbay di pintu ruang bakar. Jangan coba menstarter mobil anda hal buruk akan terjadi pd mesin anda, namun jika tidak basah, anda bisa melakukan pengecekan selanjutnya ke knalpot mobil anda.

“Caranya sederhana, dongkrak mobil anda di posisi depan agar mobil miring kebelakang, atau dorong mobil anda ke posisi yg lebih tinggi atau menanjak agar jika ada air di dalam knalpot anda dapat keluar, dari lubang knalpot” terangnya.

Jika kondisi knalpot sudah dapat dipastikan semua aman,selanjutnya, anda dapat melakukan pengecekan engine di panel dashboard dan pastikan indikator engine di panel dasboard tersebut tidak menyala dan indikator lainnya mati seperti normalnya.

“Jika semuanya pengecekan mulai dari akhir tidak ada kendala, maka silahkan coba starter mobil anda,apakah mobil hidup dengan normal ataupun tidak.┬áJika susah di hidupkan berarti ada kemungkinan bensin pd tanki mobil anda sudah tercampur air, jika seperti itu anda harus segera menghubungi teknisi bengkel yang terpercaya dan jika muda hidup berarti mobil anda dapat dipakai untuk melanjutkan perjalanan,”pungkasnya

Tetep savety ridding dan slalu gunakan sabuk pengaman ketika berkendara.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here