Curug Cipamingkis, menyimpan kisah Mistis dibalut keindahan Alamnya

0
352
Curug Cipamingkis Bogor

godepokCurug Cipamingkis merupakan tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintasi Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Nama Curug Cipamingkis sendiri diambil dari salah satu sumber sungai tersebut.

Udara yang sejuk dan air yang dingin menyegarkan akan membuat anda betah berlama – lama menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman di tempat ini.

Diatas lahan seluas 16,50 hektar tersebut, pengelola juga menyediakan sejumlah fasilitas yang instagramable atau menarik diunggah di media sosial.
Seperti rumah pohon, taman, hingga perahu mini yang menjorok ke aliran sungai Cipamingkis, sehingga cocok untuk ber-selfie. Bergaya di rumah pohon dan replika perahu sambil memandang aliran sungai serta bukit yang indah.

Namun, di balik kesejukan dan keindahannya siapa sangka Curug Cipamingkis juga menyimpan kisah mistis, legenda, dan mitos di kalangan masyarakat setempat.

Air terjun ini dipercaya memiliki khasiat membuat orang cepat mendapat jodoh jika mandi tepat di bawah kucuran air terjun.

Mitos tersebut bermula dari kisah muda-mudi pada zaman dahulu yang berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat itu. Mereka berdoa pada sang pencipta untuk dipertemukan dengan jodohnya, akhirnya kisah tersebut tersebar dan hingga kini dipercayai masyarakat Sukamakmur.

Selain mitos enteng jodoh, Curug Cipamingkis juga menyimpan sisi mistis. Konon, menurut warga setempat, di area air terjun sering muncul penampakan makhluk halus berbentuk ular naga dengan kepala seorang perempuan cantik.
Masyarakat memercayai bahwa ratu ular yang sesekali menampakkan wujudnya itu merupakan penunggu curug tersebut.

“Tempat ini juga suka dipakai nyari ilmu gaib. Dulu pernah ada orang ke sini, setelah menerima sinar dari makhluk gaib dia punya kekuatan gaib,” ungkap Roshidin, salah seorang warga setempat,seperti dikutip godepok dari liputan6.com.

Terlepas kisah misteri yang menyelimutinya, lokasi air terjun Cipampingkis ini tak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata mereka ingin menjajal dinginnya air pegunungan yang asri dan segar. Sejumlah pengunjung juga tak segan mengambil air ke dalam botol untuk dibawa pulang.

Untuk mengurangi nuansa mistis tersebut, pengelola mempercantik tampilan lokasi dengan sarana modern tanpa merusak alam.(tim redaksi godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here