Dandim 0730 Gali Sejarah Jendral Sudirman Di Gunungkidul

0
5

godepok-Gunungkidul. Dandim 0730 Gunungkidul terus melakukan pencarian bukti sejarah terkait peran Gunungkidul dalam perjuangan mempertahankan NKRI.

Selasa, (3/3/2020) Dandim 0730 Letkol Inf Noopy Laksana Armyanto SH beserta anggota kodim 0730 melakukan goes sambil melihat tugu peringatan 10 Maret 1949 di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

“Hari ini kami berserta anggota kodim melihat tugu peringatan 10 Maret 1949 di mana di tempat ini dahulu panglima besar Sudirman melakukan perlawanan melawan Belanda dalam upaya nya mengusir Belanda dari Yogyakarta yang kala itu sebagai ibukota republik Indonesia,” ungkap Dandim.

Dandim juga menambahkan dari tulisan di batu prasasti bahwa di tempat ini adalah markas komando militer, ia juga menegaskan bahwa jelas kabupaten Gunungkidul memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan.

“Kalo kemarin kita sudah lihat radio yang di pakai para pejuang dalam menyebarkan informasi, maka kali ini kita melihat tugu peringatan ini, saya yakin masih banyak peninggalan sejarah lain nya yang belum terkuak, dan saya Sakin semua akan terkuak,” tegasnya.

Tugu peringatan 10 Maret 1949 yang berada di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo ini kondisinya saat ini tidak terawat dan sangat memprihatinkan.

Dandim berharap kedepan rencana setelah melaporkan kepada atasan tugu peringatan 10 Maret 1949 ini akan di restorasi.

Selain melihat tugu peringatan 10 Maret 1949 Dandim 0730 juga melihat goa kristal, menurut sejarah juga di pakai oleh panglima besar jendral Sudirman sebagian persembunyian dari serangan penjajah.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here