Dengan Simpel Mudahkan Siswa Menabung

0
27

godepok-Gunungkidul. Dinas pendidikan kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan 10 bank swasta melakukan MOU dalam melakukan program Gerakan Indonesia Menabung bagi siswa setingkat SLTP dan Mts se Gunungkidul, dalam sosialisasi gerakan Indonesia menabung yang di hadiri oleh kepala sekolah SLTP dan Mts se Gunungkidul, Kamis (6/2/2020).

Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Gunungkidul Bahron Rosyid S.Pd, M.M mengatakan program ini adalah program nasional yang mana sangat bagus dalam menciptakan karakter siswa dan dapat membiasakan budaya menabung pada peserta didik sejak dini.

“Ini sangat bagus sekali karena dapat membiasakan anak-anak untuk melakukan budaya menabung sejak dini, dan juga membentuk karakter hidup hemat dan juga membiasakan perencanaan keuangan sejak dini,” ungkapnya.

Sementara itu kepala bank BPD DIY cabang Wonosari Plati Soulistyanti S.H M.M sebagai koordinator 10 bank yang bekerja sama dengan Dinas pendidikan kabupaten Gunungkidul mengatakan simpanan pelajar (simpel) bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai tata kelola keuangan kepada para peserta didik, di mana nantinya para pelajar akan di berikan kemudahan dalam menyimpan dan menata keuangannya sendiri.

“Dengan simpel ini kami mendorong agar para pelajar memiliki kebiasaan menabung, nantinya dengan one student one account pelajar di berikan kemudahan dalam mengelola keuangannya dalam hal ini menyimpan uangnya di bank,” kata Plati.

Plati juga menambahkan persyaratan dalam pembukaan rekening bagi pelajar sangatlah mudah cukup membawa fotocopy KTP orang tua, fotocopy kartu keluarga, dan fotocopy akte kelahiran, ia juga menegaskan dalam pembukaan rekening simpanan pelajar ini di bebaskan biaya buka rekening dan biaya administrasi lainnya. Untuk teknis setoran tabungan, Plati menambahkan bank akan melakukan jemput bola, dimana pihak bank yang akan mendatangi sekolah-sekolah.

“Untuk siswa yang sudah memiliki rekening simpel sebelumnya karena kemarin mendapatkan program PIP dari pemerintah pusat tidak perlu membuka rekening kembali cukup meneruskan rekening yang sudah ada,” imbuhnya.

Adapun dari 10 bank yang ada yaitu bank BPD DIY, bank BNI, bank mandiri, bank mandiri syariah, bank Bukopin, bank BRI, bank BTN, bank BCA, bank BCA Syariah dan Bank BTPN ini akan di tentukan wilayah kerjanya.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here