Depok Meraih Penghargaan AMPL Award

0
94
Photo: Walikota Depok Idris Penghargaan AMPL dr ketua Bapenas

godepok. Berkat kerja keras yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok dalam upaya percepatan sanitasi dan air minum sejak 2013 lalu, akhirnya Kota Depok menjadi salah satu dari sembilan Kota dan Kabupaten yang mendapat penghargaan AMPL Award  dari pemerintah pusat melalui penilaian yang cukup ketat dari Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Nasional (Pokja AMPL Nasional).

Penghargaan tersebut diberikan oleh
Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dan diterima langsung Walikota Depok Mohammad Idris pada acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (07/11/2017).

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, Segala aksi manusia terhadap lingkungan sangat terkait masalah persepsi, kami membangun persepsi masyarakat tersebut sejak tahun 2013 lalu, hal tersebut dilakukan dari kelurahan, kecamatan, PKK, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Kami juga melakukan kerja sama dengan kementerian terkait, untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat.

Selain itu, Pemkot Depok juga kerap memfasilitasi pembangunan septictank untuk masyarakat. Hal ini dilakukan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat pentingnya memiliki septictank yang layak dan sesuai standar.

“Kami melakukan kolaborasi antara pelaku usaha dan CSR untuk pembangunan septictank dari sisi pembiayaan. Pembiayaan ini sifatnya subsidi, jadi tidak kita berikan begitu saja. Ini dilakukan agar pembangunan merata di setiap kecamatan yang ada di Kota Depok. Di samping itu, kita juga memberikan edukasi bagaimana pemasangan septictank yang benar,”ujarnya.

Ia menuturkan, sampai tahun 2017 ini, tercatat sudah ada 800 septictank terbangun di 31 titik di Kota Depok. Masing-masing titik bisa menampung 40 KK. Pemkot Depok juga dituntut pemerintah pusat dalam pencapaian 100 persen akses sanitasi dan air minum di tahun 2019 yang saat ini angkanya sudah mencapai 76,37 persen.

Walikota berharap, dengan semakin modern pengolahan sanitasi di Kota Depok, masyarakat bisa terus meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pemenuhan akses universal untuk sanitasi dan air minum yang layak.

“Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah dan masyarakat. Untuk itu kami terus memberikan sosialisasi kepada stakeholder baik pemerintah maupun masyarakat untuk peduli terhadap sanitasi,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here