Desa Candirejo Gugah Semangat Berkesenian Warganya

0
23

godepok/Budaya – Budaya bagian yang tak bisa di pisahkan dalam kehidupan masyarakat Yogyakarta, stempel keistimewaan menjadikan Yogyakarta benar-benar istimewa.

Tidak terkecuali Gunungkidul yang saat ini terus mengeksplorasi tempat dan kesenian lokal guna meningkatkan PAD nya lewat pariwisata.

Seperti Sabtu malam (12/10/09) dimana sanggar seni Gita Gilang Yogyakarta pimpinan Gita Gilang yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY mementaskan seni pertunjukan ketoprak cepet dengan lakon Joko Bodo Rabi bertempat di Destinasi Wisata Telaga Nangsri, Dusun Nangsri Lor, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Gita mengatakan sudah tiga kali melakukan pementasan di lokasi yang sama.

“Kami, dalam pementasan ini bertujuan untuk melakukan edukasi wisata seni kepada masyarakat dimana ada dua tujuannya, pertama untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, dan juga untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan ikut mengembangkan dan melestarikan seni. Yang kedua ingin membantu mengembangkan periwisata di Gunungkidul khususnya di Teligo Nangsri ini,” ungkapnya.

Gita juga menegaskan sanggar nya siap menandampingi desa atau kecamatan yang membutuhkan pendampingan seni dan kesenian.

“Saat ini program kami di Gunungkidul baru di desa Semanu namun bila nanti ada desa atau kecamatan yang membutuhkan pendampingan bisa berkoordinasi dengan saya atau dengan Dinas Pariwisata DIY,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Candirejo Renik David Warisman mengatakan sangat berterima kasih atas upaya pemerintah provinsi DIY dalam memfasilitasi kegiatan kesenian, Renik juga menambahkan pihak Pemerintah Desa Candirejo juga telah membuat embrio sanggar Tari Triwikrama yang bertempat di Dusun Kropak yang nantinya menjadi sub BUMdes Desa Candirejo.

“Dengan seringnya pementasan sanggar Gita Gilang di sini menimbulkan niat para generas muda dalam melakukan kesenian, Alhamdulillah saat ini kami sudah melakukan rintisan sanggar tari triwikrama di dusun kropak,” katanya.

Renik juga berharap dukungan pemerintah Kabupaten dan pemerintah provinsi DIY sanggar di butuhkan agar mampu membuat masyarakat Desa Candirejo ini bisa berdaya saing dengan masyarakat yang lain, dan dengan suporting pemerintah kami bisa melestarikan budaya dan destenasi wisata yang ada, bahkan membuka destinasi wisata yang baru. (WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here