Diguyur Hujan, Sebuah Rumah di Bedahan Ambruk

0

godepok-SeputarDepok, Hujan yang mengguyur Kota Depok sejak Kamis(18/2) malam menyebabkan bencana mulai banjir, tanah longsor hingga rumah ambruk. Satu rumah dua lantai di RT01/06, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, milik Titin ambruk.

Lurah Bedahan, Hasan mengatakan, rumah itu ambruk lantaran sudah lapuk dimakan usia serta konstruksi bangunan yang tidak baik.

“Rumah ini sudah puluhan tahun, tapi sedang direnovasi untuk ditingkat jadi dua lantai sama pemilik. Karena konstruksinya tidak memadai lantaran besteknya hanya menggunakan besi delapan jadinya tidak kuat nopang beban dan ambruk,” kata Hasan saat meninjau

Dia mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pemilik rumah dan dua orang anaknya sudah mengungsi ke rumah anggota keluarganya yang berlokasi di belakang rumah ambruk tersebut.

“Tidak ada korban, penghuni rumah sudah dievakuasi ke rumah keluarganya,” tuturnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan DPUPR Kota Depok untuk membersihkan material bangunan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo longsor terjadi di dinding Kali Kupet yang menempel pada Perumahan Griya Merdeka Timur 1, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Tanah yang amblas menyebabkan sebagian tiga rumah terdampak.

“Longsor menyebabkan tiga rumah terancam bahaya. Penghuni harus diungsikan sementara,”terangnya.

Genangan air terjadi di antaranya, di kawasan Kampung Panjang Citayam, Kampung Bulak Barat, Kecamatan Cipayung, kemudian di kawasan Studio Alam Sukmajaya, di wilayah Pancoran Mas, Jalan Pramuka dan di wilayah Taman Duta Sukmajaya.

Di wilayah Studio Alam, banjir terjadi akibat situ atau danau meluap hingga menyebabkan sejumlah rumah warga terendam dengan ketinggian air sekira 40 sentimeter.

“Sedangkan di Kampung Bulak, banjir terjadi karena Kali Pesanggerahan meluap dengan ketinggian sekira 50 sentimeter,” pungkasnya.(AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here