Dikepung Cluster Kramat Beji Jadi Langganan Banjir

0
45
Kawasan Kramat Beji yang terendam banjir

godepok – Hujan yang mengguyur kota Depok pada Selasa (30/10) hingga Rabu (31/10) menyebabkan kawasan Kramat, di RW 12 Kelurahan Beji, Kecamatan Beji terendam banjir.

Banjir tersebut diduga dipicu adanya pembangunan cluster perumahan di lokasi tersebut yang sebelumnya lokasi tersebut merupakan resapan air.

Ridwan salah satu warga pada Kamis (1/11) mengatakan wilayah Kramat Beji saat hujan turun kerap banjir dimana sebelumnya lingkungan Kramat Beji tidak pernah alami banjir.

“Baru-baru tahun ini wilayah kami selalu terendam banjir banjir ketika hujan turun bahkan genangan air dengan ketinggian mencapai sekitar 40 sentimeter”katanya.

Dia menduga banjirnya lingkungan disebabkan maraknya pembangunan dan salahnya struktur jembatan yang baru dibangun pada tahun 2017 lalu.

Sebelumnya jembatan di saluran air itu diperbaiki untuk mengindari banjir akan tetapi karena salah struktur konstrusi mengakibatkan jalanan tersebut menjadi terendam.

Penyebab lainnya adalah maraknya pembangunan perumahan cluster di lokasi yang tersebut, dimana lokasi perumahan sebelumnya merupakan rawa atau resapan air.

Faktor lainnya adalah dangkalnya saluran air yang berada di lokasi, dimana saluran air kondisinya semakin sempit dan dangkal belum dilakukan pengerukan oleh dinas terkait.

Tidak hanya pemukiman warga yang terendam banjir, SD Kramat Beji juga mengalami kebanjiran jika lokasi kramat dilanda hujan lebat.

“Kami khawatir jika dibiarkan maka banjir akan besar karena saat ini sudah memasuki musim penghujan”katanya.(aji godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here