Dinkes Gunungkidul Edukasi Masyarakat Tentang Pemulasaraan Jenazah Infeksius

0

godepok-Gunungkiudul. Masa pandemi covid-19 yang tak berujung dan terus di perpanjang nya tanggap darurat oleh pemerintah Provinsi DIY membuat pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui dinas kesehatan memberikan edukasi pemulasaraan jenazah infeksius kepada kepala masyarakat di seluruh Kapanewon (Kecamatan) se Kabupaten Gunungkidul.

Hal itu di sampaikan Kepala seksi pencegahan pengendalian penyakit menular (p2pm) Dr. Diah Prasetyorini saat di temui media Senin (26/10) di komplek Kapanewon (kecamatan) Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

“Edukasi pemulasaraan jenazah infeksius ini kami lakukan karena pandemik covid-19 ini entah sampai kapan berakhir, sehingga kami merasa perlu untuk memberikan edukasi pemulasaran kepada masyarakat,” kata Diah.

Saat di singgung mengenai menipisnya anggaran covid-19 Kabupaten Gunungkidul Diah Prasetyorini menampik tudingan itu.

“Pelatihan ini kenapa baru di selenggarakan saat ini, tidak dari awal covid-19 karena saat ini masyarakat sudah mulai mengetahui bahaya covid-19 sehingga sangat penting pemulasaraan jenazah infeksius ini juga di pahami masyarakat, yang jelas bukan karena menipisnya anggaran covid-19 di Kabupaten Gunungkidul,” sanggahnya.

Dinas kesehatan Kabupaten Gunungkidul menginginkan peran serta masyarakat di libatkan lebih dalam lagi, pertimbangan budaya dan adat masih terasa kental di Kabupaten Gunungkidul.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here