Fahri Hamzah: Wapres Itu Ban Serep Bagi Presiden

0

godepok – Jakarta – Tanggapan  Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah bahwa jabatan wakil presiden tidak mempunyai fungsi signifikan dalam roda pemerintahan. Fahri menyebut jabatan wapres sekadar ban serep bagi presiden.

“Wapres itu nggak ada gunanya. Makanya kita jangan tertipu dengan wapresnya, yang kita lihat presidennya,” kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Dia mengibaratkan jabatan wapres dengan istilah ‘ban serep’. Fahri mengatakan wapres tak memiliki kewenangan apa pun di pemerintahan seandainya tidak diberi tugas oleh presiden.

Perlu orang tahu, cawapres itu embel-embel. Cawapres itu adalah ban serep. Cawapres itu pembantu presiden, kalau nggak dikasih kewenangan sama presiden, dia nggak ada apa-apa,” sebutnya.

Fahri kemudian mencontohkan kinerja Jusuf Kalla (JK) selama menjabat wapres Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, terbukti banyak hal yang tak bisa dieksekusi JK.

“Emang wapres nggak ada geregetnya, di undang-undang kan kewenangannya nggak ada. Orang itu kan cuma jadi embel-embel aja. Ya, mohon maaf kayak Pak JK, dalam lima tahun ini kan cuma dijadiin embel-embel saja. Nggak ada itu yang dia bisa eksekusi, presidennya ke mana dia ke mana,” ucap Fahri.

Karena itu, Fahri mengaku bingung mengapa sekarang posisi wapres justru jadi perbincangan hangat. Dia juga menyebut belum ada sosok capres/cawapres yang pas untuk dimajukan.

“Saya nggak tahu kenapa ramai banget itu orang,” ujarnya.

“Belum ada yang sangat gregetlah. Jadi ditinjau berbagai besarnya persoalan kita itu belum ada yang berbicara kuat untuk menentukan arah kita yang benar,” pungkas Fahri.(bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here