Fasilitasi Masyarakat Dapatkan Dokumen Pernikahan, Pemkot Gelar Isbat Nikah

0
11

godepok-SeputarWarga. Guna memfasilitasi masyarakat mendapatkan dokumen pernikahan yang sah dari negara, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengadakan kegiatan pelayanan isbat nikah bagi pasangan suami istri (pasutri) yang belum tercatat secara resmi dalam dokumen negara.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, melalui isbat nikah tersebut, pasangan suami istri yang belum tercatat secara resmi dalam dokumen negara, akan mendapatkan buku nikah yang salinannya bisa dilampirkan untuk pengurusan Akta Kelahiran anak.

“Untuk tahun ini, targetnya 120 pasutri untuk mengikuti Sidang Isbat Nikah. Isbat nikah tersebut, gratis dan bisa diikuti warga Depok yang tersebar di 11 kecamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Misbahul Munir mengatakan, pelayanan isbat nikah tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dari Pemkot Depok untuk memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan dokumen pernikahan sah dari negara serta untuk mendorong percepatan kepemilikan dokumen kependudukan dan mendukung program ketahanan keluarga yang dimiliki Pemkot Depok.

“Peserta isbat nikah nanti memiliki surat nikah/buku nikah, anaknya memiliki Akta Kelahiran dan KIA, serta Kartu Keluarga diperbarui tanpa dipungut biaya alias gratis,” terangnya.

Kegiatan Isbat nikah tersebut, lanjutnya, harusnya 4 kali dalam setahun. Namun untuk bulan Agustus 2019, ini baru yang pertama dilaksanakan.

“Peserta pada pelaksanaan isbat nikah yang pertama tersebut diikuti oleh 21 pasutri dari mulai usia 21 tahun hingga berusia 68 tahun,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here