Gunakan Bansos Dengan Tepat

0

godepok-SeputarDepok, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok Rezky M Noor meminta masyarakat yang telah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) bijak dalam memanfaatkan bantuan tersebut.

“Kami himbau kepada warga yang menerima BST untuk menggunakannya dengan tepat jangan malah dipergunakan untuk beli rokok, dan dan sebagainya yang tidak penting,”katanya.

Sebagai bantuan kepada keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Ia pun menyarankan bantuan tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur dan kebutuhan utama lainnya.

“Jadi kalau bapak-bapak yang ambil (BST) dikasih ke ibu yang di rumah semuanya ya, istri di rumah untuk keperluan sembako atau kebutuhan dirumah,”katanya.

Ia juga menegaskan agar bantuan yang diberikan pemerintah hanya untuk membeli kebutuhan pokok dan pangan.

“Manfaatkan bantuan ini secara tepat. Kalau yang untuk beli sembako ya beli sembako. Jangan ada yang digunakan untuk beli rokok dan barang tidak berguna lainnya,”katanya.

Lewat bansos ini, pemerintah berharap bisa menstimulus pertumbuhan ekonomi nasional yang macet.

Selain itu bansos diharapkan bisa meringankan beban bagi keluarga tidak mampu yang terdampak pandemi.

“Oleh karena itu, bagi penerima bansos┬ámanajemen keuangan yang baik sangat diperlukan agar bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sempurna,”katanya.

Melansir dari berbagai sumber, pengelolaan dana BST sebaiknya diprioritaskankan untuk membeli segala kebutuhan pokok sehari-hari. Terutama, pemenuhan kebutuhan makanan pokok yang bergizi.

Dana bansos bisa pula dipakai untuk membayar tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan pembayaran sekolah, atau tagihan lain yang memiliki bunga kredit.

Hindari pemakaian dana BST untuk kebutuhan yang tidak memberikan dampak produktif, seperti untuk kesenangan dan kemewahan gaya hidup semata.

Membeli handphone, baju, dan makanan terkini bukan langkah yang bijak dalam menggunakan dana BST.

Apabila masih terdapat kelebihan dana setelah semua kebutuhan terpenuhi, sebaiknya gunakan sisa dana tersebut untuk menabung.

Selain itu, jika kondisi memungkinkan, sisa dana bansos dapat dialokasikan untuk penambah modal usaha sehingga terjadi siklus perputaran uang yang produktif.(AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here