Gunungkidul Siap Hadapi Krisis Pangan

0
58

godepok-Gunungkidul, — Pandemik covid-19 yang entah sampai kapan akan berakhir, dan juga Mengantisipasi gelombang krisis pangan membuat presiden Joko Widodo memberikan instruksi kepada seluruh kepala daerah dari Gubernur sampai Bupati untuk menyiapkan persediaan pangan di setiap daerah masing-masing.

Menindak lanjuti instruksi presiden Joko Widodo tersebut Kepala Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto terus memberikan arahan kepada masyarakat Gunungkidul yang notabene adalah petani.

Dalam mempersiapkan ketahanan pangan di Kabupaten Gunungkidul Bambang Wisnu Broto terus berkeliling mengecek kesedian pangan di setiap kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Seperti yang di lakukan nya pada Senin (11/5/2020). Dalam kesempatan ini GoDepok.com di ajak berkeliling melihat lansung kesiapan ketahanan pangan sekaligus berdialog dengan para petani di Kecamatan Wonosari.

Susilo (45) Salah seorang petani holtikultura binaan Dinas Pertanian dan pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul mengatakan dalam waktu kurang dari dua minggu tanaman kangkung sudah siap untuk di panen.

“Alhamdulillah mas, kurang dari dua Minggu kangkung kami sudah bisa di panen, setelah kangkung ada sawi yang juga sudah siap di panen, kami terus menanam sesuai arahan dari bapak kepala Dinas Pertanian mas, mumpung masih ada hujan, kami juga sudah menyiapkan kolam tampungan air agar saat kemarau nanti kami juga masih bisa menanam. Ini semua berkat arahan bapak kepala Dinas Pertanian juga mas, saya berterimakasih kepada bapak Bambang Wisnu Broto sudah mau mendatangi kami dan melihat hasi pertanian kami,” ungkapnya Susilo.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan mengatakan hal ini di lakukan guna mengantisipasi kelangkaan pangan di Kabupaten Gunungkidul.

“Sebelumnya kami memang sudah memberikan himbauan kepada para petani kami untuk segera menanam dalam kaitannya menjaga pasokan pangan di Gunungkidul, Alhamdulillah mereka semua mendengar kan instruksi dari kami,” kata Bambang.

Ia pun menambahkan tak hanya menghimbau para petani menyegerakan menanam dan menyimpan hasil panennya namun juga membantu dalam bidang pemasaran di tengah wabah covid-19 ini.

“Hari ini kami juga membuka warung gratis sayur mayur hasil pertanian petani Gunungkidul,” imbuhnya.

Bambang berharap agar para OPD dan ASN juga dapat berperan serta dalam membantu membeli produk hasil panen petani Gunungkidul.

“Ini semua harus ada yang memulai mas, tadi dari ASN dinas pariwisata juga sudah membeli sayur-mayur petani kita, saya berharap agar ini terus bergulir bagai bola salju mas sehingga semua ASN dapat membeli produk lokal petani kami,” harap Bambang.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here