Hadapi Pilkada, ASN Diimbau Jaga Netralitas

0

godepok-PemkotDepok. Pada kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI Terkait Persiapan dan Kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2020) mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota Depok diimbau untuk menjaga netralitas serta tidak berperan aktif untuk mengkampanyekan kandidat calon, meski ASN punya hak pilih dalam Pemilu.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, netralitas ASN sangat penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Kota Depok yang akan dihelat pada 2020 mendatang.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh ASN Kota Depok agar menjaga netralitasnya dengan tidak berperan aktif untuk mengkampanyekan kandidat calon, meski ASN punya hak pilih dalam Pemilu,” ujarnya kepada wartawan.

Selain itu, kata Ahmad, dirinya juga meminta pada jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok agar meningkatkan peran pengawasannya, khususnya menyikapi isu netralitas ASN mengingat, dalam Pilkada Depok nanti diprediksi akan ada dua calon petahana (incumbent).

“Karena dengan adanya netralitas, kejujuran, dan keadilan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak, akan melahirkan kepala daerah yang berintegritas tinggi dan berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, fungsi ASN adalah pelayanan publik. Untuk itu, tidak ada ruang bagi pegawai negeri terlibat aktif dalam politik praktis di Pilkada nanti.

“Terlebih sudah ada Surat Edaran dari pemerintah pusat terkait menjaga netralitas ASN. Karena itu poin ini harus menjadi perhatian khusus bersama,” katanya.

Karenanya, sebagai tindakan antisipatif, lanjut Pradi, pihaknya meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk melakukan pengawasan terkait hal tersebut hingga tingkat Kelurahan.

“Sebagai ASN kita harus netral, karena itu sudah menjadi komitmen kita bersama yang dilandasi aturan undang-undang,” tandasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here