Hari Air Sedunia, Bupati Gunungkidul Tanam Pohon Konservasi

0

godepok-SeputarDepok, Hari air sedunia di anggap penting bagi masyarakat Gunungkidul, karena hingga saat ini masyarakat Gunungkidul masih berjuang dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Dalam memperingati hari air sedunia Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta melakukan penanaman Pohon Konservasi secara simbolik di Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Senin (22/3).

Selain di dampingi oleh Muspikal Kapanewon Gedangsari. Direktur PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto terlihat juga mendampingi Bupati Gunungkidul.

Saat di temui awak media Bupati Gunungkidul menyampaikan akan terus melakukan upaya memerangi bencana kekeringan di Gunungkidul.

“Dengan momentum hari air ini kita akan terus mengupayakan agar masyarakat Gunungkidul terbebas dari kesulitan air bersih,” kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan pentingnya penanaman Pohon Konservasi sehingga dengan konservasi penanaman Pohon dapat menyimpan cadangan air dalam tanah.

“Konservasi sangat penting karena akan menyimpan cadangan air tanah,” tambahnya.

Selain melakukan konservasi pemerintah juga akan mengusahakan pengangkatan sumber air sungai bawah tanah yang banyak terdapat di Gunungkidul.

“Selain konservasi dan membuat sumur-sumur bor, pemerintah akan melakukan pengangkatan air dari sungai-sungai bawah tanah, ini kan banyak di Gunungkidul, jadi kita akan angkat,” imbuh Bupati Gunungkidul.

Sementara itu Direktur PDAM Tirta Handayani Toto Sugiharto mengatakan akan mengoptimalkan pelayanan air bersih pada masyarakat Gunungkidul, walaupun ia mengakui saat ini baru di kisaran 50% PDAM dalam melakukan pelayanan di Gunungkidul.

“Saat ini kami sedang melakukan kajian dalam meningkatkan kapasitas debet air hingga 200 liter perdetik yang semula debitnya 950 liter per detik, saat ini yang bisa dimanfaatkan baru 175 liter per detik. Namun, untuk meningkatkan kapasitas ini, biaya yang dileluarkan cukup besar kisaran Rp 50 miliar,” ungkap Toto.

Toto menambahkan bila semua terbangun dengan jumlah anggaran 50 milyar tersebut Toto Sugiharto optimis PDAM Tirta Handayani mampu melayani 80% kebutuhan air bersih di Gunungkidul.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here