Harusnya Rekonsiliasi Tanpa Embel-Embel, Masinton Pasaribu : Ini Minta Rizieq Dipulangkan

0
9

godepok-Nasional. Tarik Ulur jalan mulus rekonsiliasi sepertinya masih jauh asah, karena ada syarat yang menurut kubu pemenang pemilu sangat tidak mungkin di penuhi.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu dalam  Forum Legislasi yang di gagas Forum wartawan parlemen di gedung DPR RI  9 Juli 2019 menilai rekonsiliasi antara Presiden terpilih Joko Widodo dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto harus dilakukan tulus dan tanpa embel-embel lain.

Diketahui, Eks Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut syarat rekonsiliasi salah satunya ialah penjemputan Pimpinan FPI Rizieq Shihab ke Tanah Air. 

“Rekonsiliasi dimaknai membangun persatuan, membangun persaudaraan sesama elemen anak bangsa. Maka dengan dilandasi itu, tidak ada embel-embel lain selain semangatnya untuk persatuan bangsa,” katanya di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Lanjutnya, ia mengatakan dalam rekonsiliasi tida ada motif lain selain membangun persaudaraan. “Rekonsiliasi itu juga tidak boleh ada transaksi-transaksi lain selain kepentingan bangsa,” tegasnya.

Terkait kepulangan Rizieq, ia mengatakan hal itu tak perlu melalui syarat rekonsiliasi. Sebab, tidak ada kendala berarti untuk kembalinya Rizieq ke Indonesia.

“Beliau pergi atas keinginan sendiri. Kalau kembali, monggo silakan, atas niat sendiri. Beliau kembali kita sambut dengan tangan terbuka sebagai anak bangsa,” jelasnya.

Sambungnya, “Nah, kalau ada persoalan lain, misalnya masalah hukum, kan hukum punya mekanisme sendiri untuk menyelesaikan. Tentu kalau ada upaya hukum untuk persoalan lain, monggo,” tukasnya.

Jadi aneh rasanya bila rekonsiliasi untuk membuat Indonesia sejuk dalam berpolitik ada selipan kepentingan pribadi diatas kepentingan negara. (bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here