Ikuti FRC di USA, Java Knights Jadi Tonggak Kebangkitan Generasi Muda di Bidang Robotik

0
46

godepok-Pendidikan. Kehadiran Tim Java Knights asal Madrasah Internasional TechnoNatura Kota Depok yang mewakili Indonesia dalam ajang FIRST ROBOTIC COMPETITION, FRC 2019 di Detroit Amerika Serikat mendapat sambutan hangat dari para peserta lain, pasalnya, dengan masuknya Tim Java Knights dalam 800 tim yang memenangkan slot untuk menghadiri Kejuaraan dunia FIRST di Amerika tahun ini.

Ka Riza selaku mentor yang mendampingi Tim Java Knights dalam kompetisi tersebut mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga Tim Java Knights dapat mengikuti kompetisi robotik tingkat dunia ini.

“Kami menghaturkan rasa syukur yang sangat kepada ALLAH, YME atas kesempatan dan karunia yang sangat luar biasa ini, dan kami juga sangat berterimakasi kepada seluruh pihak yang terlibat seperti, TechnoNatura, TelkomSigma, Pertamina-Cepu , Telkom, BMKG, Telkomsel, Jamkrindo, JNE, PGN, Esri Indonesia, bank Bukopin serta orang tua siswa atas segala dukungannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ka Riza mengatakan, pihaknya berharap agar dengan tampilnya wakil Indonesia di ajang Kompetisi robotik dunia ini akan menjadi tonggak baru perjalanan pembangunan generasi muda Indonesia khususnya dalam menghadapi Industri 4.0 yang sangat didominasi oleh kehadiran robot robot di masa depan.

Semoga, lanjut, Riza, Tim Indonesia yang selama ini hanya bisa menyaksikan dari tayangan tv, kini dapat belajar langsung dari penyelenggara, dan dari tim lain yang sudah puluhan tahun menggeluti lomba ini.

“Sebuah pelajaran besar yang sangat berharga mengenai bagaimana lomba ini dilaksanakan dan apa yang menjadi spirit utama dari lomba ini, dan ini menjadi bekal yang sangat berharga untuk pengelolaan tim FRC Indonesia di masa depan,” terangnya.

Karena menurut Riza, berdasarkan survey yang dikumpukan pihak penyelenggara, dampak positif pada peserta Kompetisi Robotika FIRST sangat memuaskan dan didokumentasikan dengan baik.

Lebih dari 88% siswa yang pengikuti lomba ini memiliki minat lebih untuk berprestasi di sekolah dan 92% lebih tertarik untuk kuliah pada subjek sains dan teknologi.

“Selain itu, pengalaman utama yang dapat diraih oleh para siswa yang tegabung di Tim Kompetisi Robotika FIRST adalah, pembelajaran real dari insinyur profesional, penguasaan keterampilan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Math), mempelajari dan mengunakan perangkat lunak, perangkat keras, dan alat-alat canggih, membangun dan bersaing dengan robot yang didesain sendiri, meningkatkan keterampilan kerja tim, interpersonal, dan komunikasi, bersaing sekaligus berkolaborasi dalam sebuah pakta aliansi dan turnamen, memahami dan mempraktikkan Gracious Professionalism,
mendapatkan tempat di Kejuaraan FIRST serta memenuhi syarat untuk dapat peluang beasiswa yang benilai jutaan dolar masuk perguruan tinggi,” pungkasnya. (win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here