Jamaah Harakah Laksanakan Sholat Ied Idul Adha Duluan

0

godepok – Meski Pemerintah menetapkan Hari Idul Adha jatuh pada Rabu (23/8) besok, namun pada Selasa (22/8) sejumlah jamaah di Indonesia ada yang menunaikan ibadah sholat Ied Idul Adha.

Salah satunya yang dilakukan jamaah
Harakah Sunniyah untuk Indonesia Islamiah yang melaksanakan sholah ied di gedung Exs Ramayana, Jalan Raya Bogor, Kecamatan Cimanggis Kota Depok.

Pantauan di lokasi ratusan jamaah
Harakah Sunniyah untuk masyarakat Islami atau Hasmi melaksanakan sholat Ied Idul Adha di halaman gedung eks Ramayana.

Meski ada perbedaan ketentuan dari Pemerintah, namun tidak sedikt jamaah yang ikut melaksanakan sholat Ied Idul Adha dengan khusyuk.

Perbedaan ketentuan sholat Idul Adha ini karena para jamaah mengikuti standar wukuf di Arab Saudi dan menyakini hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh tepat pada Selasa (22/8).

Salah satu jamaah Nawi mengatakan
ibadah ini semata-mata soal keyakinan dan bukan ikut-ikutan. Namun, aturan penetapan hari raya Idul Adha ini menyesuaikan Alquran dan hadis, serta ahli sunah.

“Penetapan Selasa semata-mata mengikuti waktu aktivitas wukuf dalam ibadah haji,”katanya.

“Kami bukan juga mengikuti kebijakan Arab Saudi, tapi aktivitas kegiatan haji di sana,

Dia berharap, perbedaan ini dapat ditanggapi secara positif sebagai sebuah khasanah untuk umat muslim. Apalagi masing-masing memiliki dalil.

“Kami harap ini bisa diterima oleh kaum muslimin sebagai sesuatu yang lumrah. Hal yang penting persatuan umat tetap terjaga,” ujarnya.(aji godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here