Jelang PPDB Dimulai, Ruang Pelayanan Disdukcapil Dipadati Warga

0

godepok-Pendidikan. Jelang Pendaftaran masuk sekolah atau Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 yang akan dimulai pada akhir Juni mendatang, ruang pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok dipadati masyarakat yang ingin mengurus segala keperluan surat menyurat yang menjadi persyaratan PPDB.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk, Jaka Susanta mengatakan, peningkatan jumlah masyarakat yang datang untuk mengurus keperluan administrasi kependudukan ke ruang pelayanan menjalan dibukannya PPDB selalu terjadi, dan biasanya mereka mengurus legalisir Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Untuk pelayanan hari biasa hanya sekitar puluhan berkas yang masuk untuk dilegalisir, namun, pada saat menjelang pembukaan PPDB seperti saat ini bisa ratusan berkas yang masuk,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, kata Jaka, pihaknya sampai mengeluarkan tenaga ekstra, bahkan, pekerjaan yang seharusnya diselesaikan di kantor, terpaksa sampai dibawa pulang oleh pegawai pelayanan karena jumlahnya sangat banyak.

“Biasanya untuk pengurusan berkas seperti legalisir tersebut tidak memakan waktu lama bahkan hanya beberapa menit bisa langsung selesai, namun kalau sekarang karena permohonan sangat banyak jadi penyelasaiannya sedikit agak lama dari biasanya,” katanya.

Selain permohonan legalisir, lanjutnya, banyak juga masyarakat yang mengurus berkas pindah datang dan pindah keluar, hal tersebutlah yang mambuat ruang pelayanan menjadi agak padat.

“Jadi selain banyaknya warga yang mengurus permohonan legalisir, banyak juga yang mengurus berkas pindah datang dan pindah keluar sehingga ruang pelayanan lebih padat dari biasanya,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here