Kadishub Gunungkidul Sidak Pos Pantau Daerah Perbatasan

0
51

godepok-Gunungkidul. Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul beserta Kepala Kejasaan Negeri Gunungkidul melakukan sidak pengamanan di daerah perbatasan. Selasa, (28/4/2020).

Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran (SE) Gubernur DIY No.5/SE/IV/2020 tentang antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran covid-19 di DIY yang di tujukan kepada Bupati dan walikota di DIY. Dan melaksanakan perintah presiden Joko Widodo mengenai larangan mudik, serta pelaksanaan Operasi Ketupat Progo 2020, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Wahyu Nugroho M.Si memantau pelaksanaan pos pemantauan di Kecamatan Semin dan Ngawen, di dampingi kepala kejaksaan negeri Gunungkidul Koswara S.H, M.H, Wahyu mengatakan dalam pos pemantauan mudik pihaknya memang memfokuskan pengetatan dari arah Utara yang tepatnya di kecamatan Semin dan Kecamatan Ngawen.

“Pagi ini saya beserta kepala kejari meninjau langsung bagaimana kesiapan pos pemantauan yang berada di perbatasan khususnya Kecamatan Semin yang berbatasan dengan Sukoharjo dan Wonogiri serta Klaten, dan juga pos pantau di Kecamatan Ngawen yang berbatasan langsung dengan kabupaten Klaten,” katanya.

Menanggapi banyaknya mobil pemudik dengan nopol luar daerah DIY yang di suruh berbalik arah, Wahyu mengatakan akan tetap menjalankan prosedur yang ada.

“Kami bersama dengan kepolisan, TNI dan kawan-kawan yang lain akan tetap bertindak tegas dalam upaya memutus penyebaran covid-19 di Gunungkidul, dengan memeriksa semua orang yang masuk dari luar Gunungkidul, seperti yang sudah di tekankan Ketua Gugus Tugas penanganan covid-19, dan yang pastinya dengan mengedepankan pendekatan kultural,” imbuh Wahyu Nugroho.

Sementara itu Kapolsek Ngawen AKP Kasiwon yang juga turut hadir mendampingi Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul mengatakan untuk saat ini kondisi perbatasan Ngawen masih kondusif.

“Kondisi masih kondusif, belum ada peningkatan pemudik yang signifikan. Namun kami akan terus melakukan penjagaan di pos pemantauan Ngawen ini,” kata Kasiwon.

Di waktu yang berbeda Camat Ngawen Slamet Winarno menjelaskan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Kecamatan Ngawen pemerintahan Kecamatan Ngawen telah menyiapkan pos pantau sampai tingkat pedusunan.

“Dengan di keluarkannya larangan mudik oleh pemerintah pusat maka kami juga sudah menyiapkan rumah-rumah isolasi di setiap dusun,” kata Slamet.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here