Kalurahan Rejosari Gagas Kawasan Ekonomi Industri Khusus Produk Olahan Jambu Mete

0

godepok-Gunungkidul. Mensiasati pembangunan desa di masa pandemik covid-19 para lurah harus ekstra memeras ide dan gagasan dalam mengembangkan desa nya.

Seperti yang di lakukan Kalurahan Rejosari, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul yang merencanakan membuat kawasan ekonomi dan industri perkebunan jambu mete di wilayahnya.

Hal tersebut di utarakan lurah Rejosari Paliyo saat di temui Godepok.com di kantor nya Kalurahan Rejosari, Selasa (11/8/20).

“Kami melihat karena di wilayah Rejosari ini banyaknya tanaman jambu mete dan beberapa warga kami sudah membuat produk olahan dari jambu mete seperti sirup dan kripik jambu mete, maka kami pemerintah Rejosari akan fokus dalam membesarkan usaha mete ini, karena Rejosari ini memiliki perkebunan dan hasil olahannya, maka kami akan membentuk sebuah kawasan ekonomi dan industri jambu mete,” ungkap Paliyo kepada Godepok.com.

Paliyo menegaskan selain buahnya di jadikan produk makanan olahan kacang mete juga memiliki harga jual yang tinggi di pasaran sehingga, ia akan mengerakkan kembali masyarakat nya dalam membudidayakan tanaman jambu mete tersebut.

Paliyo berharap apa yang telah di lakukannya dapat menjadi gayung bersambut bagi dinas terkait dalam hal ini dinas pertanian dan pangan yang saat ini sudah menjadi satu dengan dinas perkebunan.

“Kami berharap agar dinas pertanian dan pangan merespon apa yang telah kami upayakan dan kami berharap mendapatkan bimbingan dari dinas terkait,” harapnya.

Hingga saat ini pemerintah Kalurahan Rejosari masih mencarikan pemasaran bagi produk olahan mete yang telah di tekuni masyarakat Rejosari.

“Kami masih mencarikan pasar yang strategis bagi produk mete kami,” tambah Paliyo.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here