Kalurahan Tancep Selesaikan Program BSPS Bagi Warganya

0
22

godepokGunungkidul, Guna memberikan perumahan layak huni bagi masyarakat desa, maka pemerintah memprogramkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).
Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 07/PRT/M/2018, BSPS atau bedah rumah adalah bantuan pemerintah bagi masyarakat berenghasilan rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan rumah, beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum. adapun Pembangunan rumah baru di atas kavling tanah matang.

Salah satunya adalah Pemerintah Kalurahan Tancep, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul yang tahun ini mendapatkan program perumahan dari pemerintah pusat dan telah selesai dalam melaksanakan program ini.

Lurah Tancep Sunardi menjelaskan kepada media di sela melakukan peninjauan penerima manfaat program BSPS Rabu (29/07) mengatakan untuk tahap program BSPS tahap pertama di berikan kepada 40 penerima manfaat, yang di bagi menjadi dua kelompok.

“Untuk program BSPS tahap pertama pada tahun ini, Kalurahan Tancep menyasar kepada masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni sebanyak 40 warga dan di bagi dua kelompok,” kata Sunardi.

Ia pun menjelaskan dari program BSPS ini masyarakat yang mengajukan di berikan stimulan dana sebesar 17 juta dengan perincian 15 juta berupa material dan sisanya sebagai upah pekerja.

Sunardi menambahkan pemerintah Kalurahan Tancep menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat dan pendamping program BSPS.

“Dalam program BSPS ini kami tidak memotong sepeserpun dana yang di peruntukan bagi masyarakat ini, kami selaku pemerintah Kalurahan Tancep merasa senang karena warga kami dapat mendapatan program BSPS ini, sehingga warga kami dapat menikmati rumah layak huni,” tegas Sunardi.

Adapun ukuran standart rumah dalam program BSPS ini adalah 6X6 dengan asumsi rumah program BSPS ini di huni keluarga kecil dengan dua anak.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here