Kemarau Panjang Kelompok Tani Maju Lancar Penen Raya

0
56

godepok/Gunungkidul – Gunungkidul yang selama ini di anggap kebanyakan orang sebagai daerah minus, dan tandus saat ini sudah mengalami evolusi yang sangat luar biasa khusunya di sektor pertanian.

Adalah Kelompok Tani Maju Lancar yang berada di Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Senin (21/10/09) melakukan panen raya untuk yang pertama kalinya di saat kemarau panjang melanda Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Gunungkidul, Wulan Tustiana S.H dan Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul Eko Rustanto beserta Muspika Kecamatan Karangmojo ikut bersuka-cita dalam panen raya bawang merah dan tanaman holtikultura di Karangmojo ini.

Bambang Wisnu Broto dalam sambutannya mengatakan agar bantuan yang di terima dari pemerintah harus di manfaatkan sebaik mungkin.

“Dengan panen bawang merah dan sayuran di saat kemarau panjang ini menunjukkan bahwa petani Gunungkidul tidak bisa di pandang sebelah mata lagi, dan disinilah letak ketangguhan petani Gunungkidul sudah terbukti dan teruji,” ungkapnya.

Bambang berharap agar komunikasi petani dan para penyuluh pertanian terus di sinergikan, sehingga dari komunikasi yang intens bisa membuahkan hasil pertanian yang maksimal.

“Tak perlu sungkan untuk menanyakan semua permasalahan pertanian oleh penyuluh pertanian, karena ini tugas besar kita untuk mewujudkan kemajuan pertanian di Gunungkidul,” tambahnya.

Sementara itu ketua Komisi B DPRD Kabupaten Gunungkidul Wulan Tustiana S.H mengatakan dalam sambutannya di depan kelompok tani Maju Lancar, dirinya sangat mengapresiasi upaya yang di lakukan Kelompok Tani Maju Lancar.

“Semua ini berkat kerja keras semua pihak dan saya sangat senang dengan pencapaian ini, kedapannya senergitas antara petani, dinas pertanian dan pangan, dan Komisi B terus melakukan komunikasi dan dinas bisa melaporkan atau memberikan informasi kepada Komisi B bila menemukan kendala dalam regulasi yang berhubungan dengan pertanian, peternakan dan perikanan,” katanya.

Wulan berpesan agar kelompok tani yang ada sekarang ini dapat menambah lahan garapannya dan menularkan ilmunya kepada kelompok tani lainnya sehingga harapan Gunungkidul memiliki ketahanan pangan dapat terwujud.

Tak jauh berbeda, politisi partai Demokrat Eko Rustanto yang turut mendampingi ketua Komisi B di panen raya ini mengatakan sangat terkejut bercampur bahagia di saat kemarau panjang seperti ini Kelompok Tani Maju Lancar dapat panen dengan hasil yang sangat bagus.

“Ini memang sangat luar bisa, saya sangat bangga dengan pencapaian ini. Kami sebagai wakil rakyat akan selalu berupaya mewujudkan masyarakat yang mandiri dalam ketahanan pangan, dan yang pasti petani Gunungkidul tidak bisa di remehkan lagi,” imbuhnya.

Pada panen ini di hasilkan penenan bawang merah, kangkung dan sayur-mayur lainnya.
(WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here