Ketua DPD GPMN Gunungkidul, Temui Koprasi Nelayan Putra Berkah Bahari

0

godepok-Gunungkidul. Kurang maksimalnya pemanfaatan hasil laut di Kabupaten Gunungkidul di karenakan kurangnya infrastruktur yang di butuhkan bagi nelayan di pesisir Kabupaten di selatan provinsi Yogyakarta ini.

Hal itu di sampaikan ketua DPD Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN) Kabupaten Gunungkidul Drs. H. Sugito M.Si, usai meninjau Koprasi nelayan Putra Berkah Bahari di pantai Sadeng, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Sabtu (6/2).

“Kabupaten Gunungkidul ini kaya ia memiliki laut yang luar biasa bila garis pantai nya saja ada 72 km membentang dari timur yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan Jawa timur, hingga ke barat yang berbatasan dengan langsung dengan Kabupaten Bantul. Ini sayang bila pengelolaannya hanya setengah setengah, seharusnya bisa saling menunjang baik hasil laut nya maupun pariwisata nya,” ungkap Sugito.

Sugito mencontohkan Kurangnya infrastruktur bagi nelayan di pantai Sadeng yang masih kekurangan pasokan es balok dan kurangnya ketersediaan pasokan solar sehingga menyulitkan para nelayan beraktivitas melaut.

“Bagaimana mau maju bila pasokan es balok yang menjadi kebutuhan pokok nelayan selain solar saja harus di datangkan dari Pacitan dan Kabupaten Klaten, ini kan tidak efektif. Ini laut kita ini kaya, kenapa pemerintah seperti nelayan ini di anak tirikan,” jelas Sugito.

Ketua GPMN yang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul dari fraksi PDIP ini pun mengajak dan menghimbau pemerintah baik provinsi maupun Kabupaten Gunungkidul memperhatikan sarana penunjang bagi para nelayan di Kabupaten Gunungkidul. Terlebih di masa Pandemi ini pemerintah pusat sedang meningkatkan ketahanan pangan baik dari sektor pertanian maupun dari sektor sumberdaya laut.

“Di masa Pandemi sekarang ini saya optimis Indonesia akan menang bila pemegang kebijakan bisa jeli melihat kelebihan yang kita miliki, dan memaksimalkannya apakah di sektor pangan pertanian maupun kelautan,” kata Sugito.

Sugito juga menambahkan dengan meningkatkan infrastruktur bagi nelayan sejalan dengan slogan provinsi DIY dengan abad samudera Hindia 2020 nya.

Sugito mengaskan DPD GPMN Kabupaten Gunungkidul sebagai stackhoulder pemerintah akan terus mengimpentarisir keunggulan dan kebutuhan yang ada di setiap Kapanewon di Kabupaten Gunungkidul dan mengupayakan terwujudnya masyarakat Gunungkidul yang makmur dan sejahtera.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here