Konsisten Lunas PBB Dalam Satu Hari, Desa Kemejing Layak Jadi Percontohan Desa Taat Pajak

0
152

godepok-Gunungkidul. Desa taat pajak, mungkin kalimat itu yang pantas di sematkan untuk Desa Kemejing, yang berada di Kecamatan Semin ini. Pasalnya belum genap dua Minggu pemerintah daerah melalui kantor pajak mengeluarkan edaran surat SPPT/PBB, warga Desa Kemejing sudah langsung melunasi PBB nya.

“Ini harus di apresiasi bahkan di berikan penghargaan sebagai desa taat pajak,” ungkap Kabid Bina Penagihan, Pelayanan dan Pengendalian BKAD Kabupaten Gunungkidul, Supriyatin, S.Sos., MAP.

Supriyatin, S.Sos., MAP. kepada media Rabu, (18/3/2020) di balai Desa Kemejing, menjelaskan bahwa desa Kemejing hingga saat ini selalu konsisten dalam menerapkan bayar pajak PBB sehari lunas.

“Kami dari BKAD Kabupaten Gunungkidul mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Kemejing yang telah mengkondisikan pembayaran PBB lunas satu hari,” kata Supriyatin.

Lebih lanjut Suprihatin juga menghimbau kepada para wajib pajak khususnya pemerintah desa agar meniru atau mencontoh apa yang telah di lakukan pemerintah Desa Kemejing ini. Pembayaran PBB lunas sehari ini sebelum jatuh tempo ini berkat kerja sama antara pemerintah Desa, para dukuh dan warga masyarakat.

Saat di tanyakan kendala desa dalam melunasi PBB tepat waktu Suprihatin menjelaskan, ada dua hal yang mengakibatkan terlambatnya pembayaran PBB yaitu karena wajib pajak enggan membayarkan pajaknya dan ada yang memang kesalahan entri data sehingga si wajib pajak harus melakukan pelaporan ke kantor pajak.

“Untuk kesalahan entri data saat ini kantor pajak sudah memiliki pelayanan yang memudahkan para wajib pajak meng entri ulang data yang salah, semisal obyek bidang yang di miliki sudah berganti nama, atau tidak sesuai antara obyek pajak dengan nilai obyek yang di bayarkan, yang seperti ini masyarakat cukup datang ke kantor kami dan membawa SPPT yang dimiliki,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Kemejing Pariman mengucapkan terima kasih kepada kepala dusun dan warga masyarakat Kemejing karena telah konsisten membayar pajak tepat waktu sebelum jatuh tempo.

“Saya selaku kepala Desa Kemejing mengucapkan berterima kasih kepada warga dan kepala dusun karena telah membantu kerja pemerintah desa dalam hal ini pelunasan PBB tepat waktu dalam sehari,” ungkap Kelapa Desa Kemejing.

Pariman juga berharap agar pemerintah Desa yang lain juga dapat mengikuti langkahnya sehingga pembangunan di Gunungkidul dapat berjalan sesuai harapan masyarakat.

“Dalam pembayaran PBB lunas satu hari ini kami sudah membiasakan dari sebelum saya jadi lurah sehingga kebiasaan yang baik ini kami budayakan sampai saat ini,” imbuhnya.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here