KUBE Jaring Sosial Yang Memberdayakan Masyarakat

0
30

godepok/Gunungkidul – Pemerintah terus menekan angka kemiskinan baik di perkotaan maupun di pedesaan, melalui bantuan yang terus di gulirkan oleh pemerintah pusat melalui kementrian-kementrian yang ada khusunya pendampingan ekonomi mandiri.

KUBE (Kolompok Usaha Bersama) salah satu program pengentasan kemiskinan dengan sasaran kemandirian ekonomi yang di miliki Kementrian Sosial terus mengupayakan masyarakat terus bergerak guna meningkatkan taraf hidupnya dengan mengelontorkan dana 20 juta bagi kelompok masyarakat.

Subur Staff Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Perkotaan Dan Pesisir Dinas Sosial provinsi Yogyakarta, mengatakan dengan adanya program KUBE dari kementerian sosial ini di harapkan masyarakat bisa meningkatkan taraf kehidupannya. Adapun desa yang menerima program KUBE Kemensos RI ini, masyarakat yang sudah masuk dalam kriteria Kemensos.

“Untuk Gunungkidul sendiri Kemensos mengelontorkan dana untuk tiga Kecamatan diantaranya Kecamatan Semin, Kecamatan Ponjong, dan Kecamatan Ngelipar,” ungkapnya.

Subur mengungkapkan saat di temui di sela-sela monitoring dan evaluasi rutin di KUBE sejahtera 083 Desa Bendung Selasa (08/10/09), dana yang di gelontorkan Kemensos sebesar 20 juta di peruntukkan bagi satu kelompok usaha, adapun macam usaha bisa di sesuaikan dengan kesepakatan kelompok.

Senada dengan subur Kepala Desa Bendung Didik Rubiyanto mengatakan dengan ada nya KUBE masyarakat bisa mewujudkan kemandirian ekonominya.

“Kami pemerintah desa sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan pemerintah pusat lewat kementrian-kementrian yang telah mensuport kegiatan ekonomi masyarakat semacam ini sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat miskin,” katanya.

Didik juga mengatakan dengan KUBE ini dapat memotong mata rantai berkembangnya para rentenir dan lintah darat.

“Bila dahulu awal kepemimpinan saya lintah darat dan rentenir dengan berkedok bank keliling sangat masif aktifitasnya, sehingga masyarakat semakin terpuruk kehidupannya. tapi saat ini dengan adanya KUBE ini kami dan masyarakat bisa terbebas dari lintah darat, dan juga dengan adanya KUBE beban anggaran Desa juga sedikit teringankan,” jelasnya.

Saat ini dana yang telah di gelontorkan Kemensos ini di pergunakan untuk pembukaan warung kelontong dan juga distribusi gas LPG dan air isi ulang. (WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here