Lawan Virus, Sultan coba GeNose Buatan UGM

0

godepokgunungkidul, Pandemi covid-19 yang terus menyebar di banyak negara di dunia memaksa para ilmuwan dan perusahaan farmasi berlomba-lomba untuk menemukan vaksin atau pun alat pendeteksi virus covid-19.

Adalah civitas akademika universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta yang mengklaim telah membuat satu alat untuk mendeteksi dengan cepat pada pasien apakah terjangkit virus covid-19 atau tidak.

Rektor UGM, Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. mengatakan hal tersebut saat menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong wilis, kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (12/10) yang lalu.

Informasi yang di langsir dari laman resmi humas Pemprov DIY dan juga site resmi civitas akademika universitas Gajahmada UGM Yogyakarta, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sempat mencoba alat yang di beri nama GeNose ini.

Pengujian dilakukan dengan menghembuskan nafas ke dalam masker non-rebreathing yang akan disambungkan dengan perangkat GeNose.

“Dalam pertemuan ini kami menyampaikan progress dari inovasi GeNose yang sekarang dalam proses untuk uji klinis, uji diagnosis, dan menunggu izin edar dari Kementerian Kesehatan,” tutur Rektor UGM, Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng.

Lebih lanjut Panut menjelaskan dengan sistem penginderaan atau sensor untuk mengenali pola senyawa. GeNose dirancang untuk mengenali pola Volatile Organic Compound yang terbentuk dari infeksi Covid-19 dan terbawa dalam nafas manusia.

“Alat ini merupakan salah satu produk inovasi UGM yang dapat digunakan untuk mendeteksi Covid-19 secara cepat dan akurat,” tegas Panut.

Sejumlah tahapan masih harus dilalui sebelum alat ini dapat mulai diproduksi secara massal. Proses uji diagnosis rencananya akan mulai dilakukan dalam minggu ini, dan diharapkan proses produksi dapat dimulai pada pertengahan November mendatang.

“Harapannya November sudah mulai bisa produksi massal, setelah alat ini dipresentasikan ke Kementerian Kesehatan. Ada prosedur-prosedur yang harus dilalui, dan ini butuh waktu,” terangnya.

GeNose memiliki sejumlah keunggulan sebagai alat deteksi cepat Covid-19, yaitu reliabilitas tinggi karena menggunakan sensor yang dapat dipakai hingga puluhan ribu pasien dalam jangka lama, mampu memberikan hasil dalam waktu yang relatif cepat, non-invasif, serta memerlukan biaya pengujian yang murah menggunakan masker non-rebreathing dan hepa filter sekali pakai.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here