Makna di Balik Tema dan Logo Hut RI ke 73

0
godepok – Jakarta. Bulan Agustus adalah bulan istimewa bagi rakyat Indonesia dan Agustus 2018, adalah perayaan kemerdekaan atau HUT RI ke 73.   Tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI  juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia dipercayakan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun silam.

Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik. Logo 73 tahun Kemerdekaan RI  terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata ‘Energi’ yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.

Dilansir dari Pedoman HUT RI ke 73 dan Panduan Desain yang dikeluarkan oleh Kementrian Sektretariat Negara,  Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Tema “Energi” dan “Kerja” diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.(bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here