Mantan Anggota DPRD Depok Divonis Enam Bulan

0

godepokSeputarDepok, Mantan anggota DPRD Kota Depok yang juga ketua DPC PKB divonis enam bulan tahanan dengan masa percobaan sembilan bulan.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Depok Nanang menyebutkan, Selamet Riyadi terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 311 ayat 1 KUHP.

Hal yang memberatkan mantan anggota DPRD Kota Depok periode 2014-2019 itu adalah tak memberikan contoh dan teladan yang baik sebagai tokoh masyarakat serta membuat nama baik seseorang tercemar.

Sementara yang meringankan adalah sopan dan kooperatif selama proses persidangan dan yang bersangkutan merupakan tulang punggung keluarga.

Setelah mendengarkan keterangan sejumlah saksi dan ahli serta pembelaan saudara terdakwa sendiri, maka majelis hakim memutuskan saudara terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 311 ayat 1 KUHP.

Atas perbuatan tersebut, majelis hakim menjatuhkan tahanan penjara selama 6 bulan dengan masa percobaan selama 9 bulan dan terdakwa diwajibkan membayar ongkos perkara sebesar Rp2.000.

Atas putusan majelis hakim dalam persidangan yang digelar di ruang Kartika itu, Selamet Riyadi dengan suara jelas menerimanya.

Sementara Jaksa Penuntut Umum, Rozi Juliantono dan Reinaldy menyatakan pikir-pikir dulu.

Babai Suhaimi selaku saksi pelapor dalam kasus tersebut, saat dihubungi terkait putusan majelis hakim menyatakan kelegaannya.

Sebab, majelis hakim bisa membuktikan kalau dirinya memang menjadi korban dari fitnah yang diuatarakan Selamet Riyadi.

“Alhamdulillah, proses persidangan yang melelahkan berakhir juga. Atas nama pribadi dan keluarga, saya ucapkan terima kasih kepada majelis hakim yang dalam amar putusannya menyatakan saya memang menjadi korban dari ucapan saudara Selamet,” ucapnya.

Sebagai wakil rakyat, Babai berharap apa yang terjadi antara dirinya dan Selamet Riyadi bisa menjadi contoh bagi pihak lain untuk tidak mudah mengatakan sesuatu apalagi kepada wartawan terkait sesuatu yang belum pasti kebenarannya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Selamet didudukkan di kursi pesakitan PN Depok karena diduga telah mencemarkan nama baik terhadap Babai Suhaimi dikediaman saksi korban yang beralamat di Blok Rambutan RT 004 RW 004 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.(dro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here