Mari Cegah dan Antisipasi Penyakit Kusta

0
Photo : Penyuluhan tentang penyakit kusta (dok. Humas DEPOK)

godepok.Dinas Kesehatan Kota Depok selama tiga tahun terakhir, menemukan penderita kusta di Kota Depok bertambah. Hal tersebut terlihat pada 2015 sebanyak 57 orang  penderita Kusta dan 2016 bertambah menjadi 97 kasus. Sementara pada 2017, sampai Oktober, terdata ada 43 kasus, jadi Total 197 penderita Kusta.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati mengimbau penderita segera datang ke Rumah Sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat untuk menekan penularan penyakit tersebut.

“Bila masyarakat merasa ada kelainan kulit berupa bercak putih seperti panu atau bercak kemerah merahan yang tidak gatal,tidak sakit dan mati rasa, segara lakukan pemeriksaan ke pusakesmas atau rumah sakit terdekat,”imbuhnya.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi jika kusta terlambat diobati adalah:

Mati rasa atau kebas. Kehilangan sensasi merasakan rasa sakit yang bisa membuat orang berisiko cidera tanpa menyadari dan rentan terhadap infeksi.

Kerusakan saraf permanen.Otot melemah.Cacat progresif. Contohnya kehilangan alis, cacat pada jari kaki, tangan dan hidung, untuk itu mari kita bantu dinas kesehatan kota Depok dengan mengetahui gejalanya untuk menghindari akibat penyakit kusta…..cacat permanen.
(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here