Mendagri: FPI Belum Lengkapi 10 Syarat Perpanjangan Izin Ormas

0
7

godepok-Nasional. Perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai ormas, Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan bahwa Front Pembela Islam (FPI) masih belum melengkapi 10 dari 20 syarat administrasi dalam permohonan perpanjangan . Tjahjo mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu FPI untuk melengkapi syarat tersebut.

“Laporan Dirjen kami dari 20 persyaratan baru diserahkan 10 persyaratan, kan kami harus menunggu dulu dong, menunggu dulu persyaratan lengkap,” kata Tjahjo di komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).

Tjahjo tak merinci 10 syarat yang belum lengkap, beberapa syarat yang belum lengkap di antaranya Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan susunan kepengurusan yang belum ditandatangani.

“Misalnya menyerahkan anggaran dasar, rumah tangga kok enggak diteken. Terus susunan kepengurusannya enggal ada tanda tangannya,” ujarnya.

Dia menyatakan, Kemendagri berhak mempertanyakan syarat yang belum dilengkapi oleh ormas yang mengajukan perpanjangan SKT, termasuk FPI.

Politisi PDIP itu mengaku tak ingin terjebak memperpanjang SKT FPI, karena sejumlah persyaratan belum terpenuhi.

“Kalau saya setujui kan melanggar, ini belum diteken kok sudah diterima. Saya enggak mau ada jebakan jebakan, saya enggak mau,” tuturnya.

Tjahjo membantah, pemerintah melakukan diskriminasi kepada FPI. Menurutnya, semua ormas diperlakukan sama ketika mengajukan perpanjangan SKT.

“Enggak ada. Semua ada evaluasi, ada track recordnya,” ucap dia.

Jadi masyarakat bisa menilai mana ormas yang melaksanakan kegiatan sesuai dengan ad/art dan mana yang hanya berlindung dibawah nama besarnya saja. (bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here