Mudahkan Masyarakat Bayar PKB Kapanewon Ngawen Resmikan Samsat Online

0
79

godepokSeputarDepok, Dalam menunjang pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) pemerintah kabupaten Gunungkidul meresmikan kantor Samsat online yang terletak di kawasan komplek Kapanewon (kecamatan) Ngawen.

Peresmian kantor Samsat online di Kapanewon Ngawen ini bertujuan guna memberikan akses kemudahan kepada warga masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor nya.

Kantor Samsat online yang di resmikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) provinsi DIY Bambang Wisnu Handoyo
Di harapkan mampu meningkatkan pendapatan keuangan daerah dari sektor pajak kendaraan.

“Harapan kami dengan diresmikannya Samsat online di Kapanewon Ngawen ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), karena pendapatan asli daerah kita terbesar dari pembayaran PKB, ungkap Bambang Wisnu Handoyo saat di temui usai peresmian Samsat online, Senin (27/07).

Bambang mengatakan pendapatan pajak provinsi DIY terbesar dari pajak kendaraan bermotor, ia berasumsi bila pendapatan PAD DIY 1 triliun maka 900 milyar dari pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Ia juga menambahkan kantor Samsat online harus lebih di dekatkan kepada masyarakat, sehingga peran lurah dan kepala dusun sangat di harapkan peran sertanya.

“Nafasnya APBD DIY itu dari pajak kendaraan bermotor, dalam komponennya ada bagi hasil. 30% untuk kabupaten, dan bagi hasil ini tentu bermanfaat, dan sampai hari ini APBD kabupaten Gunungkidul terbesar masih dari pembayaran PKB, sehingga dari PAD Gunungkidul dari bagi hasil ini 75% untuk kabupaten dan 25% untuk kecamatan dan desa, sehingga terang Bambang Wisnu Handoyo.

Sementara itu Panewu (camat) Ngawen Slamet Winarno mengatakan peresmian kantor Samsat online ini berawal dari usahanya meminta kepada pemerintah kabupaten Gunungkidul untuk ketersedian Samsat keliling di kantor Kapanewon (kecamatan) Ngawen.

“Alhamdulillah hari ini kami sudah memiliki kantor Samsat online di Kapanewon Ngawen ini, Samsat online ini berawal dari program bayar pajak sak wayah-wayah (sibajak sawah) atau samsak keliling sehingga pelayanan pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat menjadi mudah, dan hari ini kantor Samsat online sudah tidak keliling lagi tapi data nya saja yang bergerak, ungkap Slamet.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here