Pemeriksaan Tamu di Rutan Diperketat

0

godepok-SeputarDepok. Antisipasi penyebaranvirus corona Covid-19, petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok melakukan pemeriksaan ekstra kepada sejumlah pengunjung yang datang.

Pemeriksaan itu di antaranya pengecekan suhu tubuh hingga penyemprotan disinfektan.

Sejumlah pengunjung yang rata-rata datang untuk membesuk narapidana itu, mulai menjalani pemeriksaan kesehatan sejak tiba di pintu gerbang utama.

Pengunjung diperiksa suhu tubuh menggunakan alat khusus dan mendapat pendampingan oleh tim medis.

Kemudian, mereka diarahkan ke lokasi penyemprotan disinfektan dan disarankan menggunakan masker, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Dedy Cahyadi menuturkan, langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

“Ini agar warga binaan atau pengunjung bisa terjaga, mencegah terjadinya penularan apabila seandainya ada pengunjung yang sudah terpapar virus itu. Pengukuran suhu badan melalui termometer infrared,” ujarnya.

Apabila ada pengunjung yang kedapatan suhu tubuhnya berada di atas 37,5 derajat maka tidak diizinkan masuk.

“Jika ada pengunjung yang suhu badannya di atas 37,5 derajat kita sarankan pulang, atau diberikan pendampingan,” kata Dedy.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas juga menyiapkan masker dan penyemprot disinfektan.

“Mudah-mudahan upaya kami mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kami terhindar dari virus corona,” ujarnya.

Rutan juga telah membentuk petugas khusus pelayanan pemasyarakatan berbasis HAM yang disebut dengan Duta Pelayanan HAM.

“Hal ini merupakan implementasi tentang penunjukan petugas khusus pelayanan pemasyarakatan berbasis HAM,” katanya

Dedy menjelaskan, duta pelayanan HAM bertugas memberikan layanan yang ramah dan memudahkan aksesbilitas warga binaan pemasyarakatan, keluarga dan masyarakat kategori rentan seperti ibu hamil, lanjut usia, ibu menyusui, anak-anak, serta penyandang disabilitas guna meningkatkan layanan publik di Rutan Kelas I Depok.

“Pola pelayanan yang baik dan berbasis HAM, harus diimplementasikan dan dijadikan semangat dalam bekerja sebagai langkah awal dari timbulnya trust (kepercayaan) publik kepada instansi pemerintah,” paparnya.(dro godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here