Pemprov Jateng Sumbang Huntara Untuk Donggala Sulawesi Tengah.

0
29
Gubernur Longki Djanggola didampingi Kepala BPBD , Karo Ekonomi, Karo Humas dan Protokol menerima Huntara bantuan Jawa Tengah di Ngata Baru Petobo, Sabtu, 20 Oktober 2018 (istimewa)

godepok-Donggala. Bencana Tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah mendorong kepedulian dari seluruh masyarakat dunia, tidak terkecuali pemerintah propinsi Jawa Tengah menurunkan Relawan Peduli Kemanusiaan yang di pimpin langsung dr Budi Laksono sebagai kordinator dengan membawa sumbangan pemprov sebesar 400 juta untuk digunakan sebagai pembangunan Hunian Sementara (Huntara) dilokasi terdampak tsunami di Ngata Baru Petobo Donggala Sulawesi Tengah.

Dengan dana 400 juta dr Budi bersama team bisa membangun sebanyak 104 Huntara dan dirasakan masih dari kata cukup untuk warga terdampak bencana gempa dan tsunami, namun dengan semangat mempelopori maka huntara sumbangan pemprov Jateng tersebut bisa digunakan warga sampai dengan hunian tetap disiapkan oleh pemerintah pusat lewat gerakan kementerian PUPR.

” Pemerintah Jawa Tengah turut merasakan begitu beratnya pederitaan yang dirasakan saudara kami di kota Palu akibat Dampak Gempa Bumi dan Tsunami , sehingga dengan anggaran sebesar Rp. 400 juta  kami sudah bisa membangun Huntara sebanyak 104 Unit, tetapi jumlah unit masih terlalu sedikit bilamana dibanding dengan jumlah masyarakat yang rumahnya hilang, sehingga dibenak kami Huntara ini anggap saja motivasi Pembangunan Huntara yang lebih besar untuk dapat di tempati sementara masyarakat sebelum Hunian tetapnya sudah jadi”, kata dr. Budi Laksono, selaku koordinator Pembangunan Huntara Propinsi Jawa Tengah.

Team Relawan Kemanusiaan Jateng bersama dr Budi Laksono. (Istimewa)

Pemerintah Daerah Jawa Tengah diwakili oleh Ketua BPBD Darsono dalam penyerahan 104 Unit Huntara kepada Pemprov Sulteng diterima langsung oleh Gubernur Longki Djanggola.

” Menyampaikan rasa syukur atas  peresmian Huntara yang dibangun Pemda Jateng sebanyak 104 unit  dan  jumlah Huntara yang dapat dibangun pemerintah Jateng ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pengungsi  tetapi semangat ini semoga menjadi motivasi  kepada yang lainnya supaya dapat membantu membangun Huntara buat masyarakat yang masih ada di tenda-tenda pengungsian , kami harapkan Huntara yang kami bangun ini dapat bermanfaat buat masyarakat,” kata Ketua BPBD Jateng , Darsono dalam sambutannya.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Jawa Tengah yang telah memberikan bantuan pembangunan Huntara sebanyak 104 Unit Yang dikoordinir BPBD jawa Tengah, mengatakan ” Saya Gubernur Sulteng telah menerima 104 unit huntara dengan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemda dan masayarakat  Jawa Tengah,” kata Gubernur.

Selanjutnya Gubernur berharap agar yang menempati Huntara ini benar-benar masyarakat yang layak untuk menempatinya, karena yang menempati Huntara ini telah dilakukan seleksi untuk mendapatkan Hunian Tetap, jadi masyarakat juga bisa saling menilai layak tidaknya untuk menempati Huntara , selanjutnya Huntara ini sesuai janji Pemerintah Pusat, paling lama 2 Tahun sudah harus pindah ke Tempat Hunian Tetap yang lokasinya sudah dipersiapkan,  Gubernur berharap kepada masyarakat agar terus bersabar , selanjutnya Gubernur juga menyampaikan trimakasih kepada TNI dan POLRI , BNPB, BPBD dan Relawan Kemanusiaan yang terus bersama sama Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tengah memulihkan keadaan akibat Dampak Gempa Bumi dan Tsunami ini.(Kordinator Relawan Kemanusiaan Jateng dr Budi Laksono untuk godepok.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here