Peringati Hari Pangan Sedunia, Kepala DPP Dampingi Bupati Gunungkidul Panen Semangka

0

godepok-Gunungkidul. Pangan, mendengar kata itu benak kita langsung terbayang petani, sawah dan hasil panennya. Menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini ketahanan pangan memang sangat di butuhkan, karena dengan ketahanan pangan yang cukup maka kita bisa melakukan aktivitas keseharian kita dengan baik.

Namun pangan bukan sebatas makanan pokok. Kita mengenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna termasuk buah, daging dan susu dan itu semua adalah pangan, bahan makanan yang di butuhkan bagi asupan gizi kita.

Seperti yang di lakukan Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Gunungkidul yang mendamping Bupati Gunungkidul Hj. Badingah saat melakukan panen raya buah semangka varietas inul, di Dusun Klayar, Kalurahan (Desa) Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Jumat (16/10).

Kepala Dinas pertanian dan pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto di sela mendamping Bupati Gunungkidul mengatakan kepada godepok.com bahwa di saat memasuki musim kemarau seperti sekarang para kelompok tani milenial Pampang mampu menunjukkan Gunungkidul siap menjadi lumbung pangan DIY.

“Ini curah hujan kita belum tiba, ada sebagian sudah sedikit basah namun sebagian lagi belum sama sekali terguyur atau tetesan air hujan, dan Alhamdulillah hari ini saya bisa mendamping ibu Bupati Gunungkidul Hj. Badingah untuk melakukan panen raya semangka di Dusun Klayar ini, semoga dengan panen semangka Inul ini dapat di kembangkan pada tanaman holtikultura lainnya,” kata Bambang Wisnu.

Bambang juga mengatakan bahwa kami tetap menjalankan apa yang menjadi instruksi bapak Presiden Joko Widodo agar daerah terus menggenjot produksi pangan guna mecukupi kebutuhan pangan daerah di masa pandemi.

“Sesuai dengan instruksi pak presiden, saya sudah memberikan arahan kepada semua kelompok tani yang ada di Gunungkidul agar menyediakan tampungan, kolam atau cek dam agar di saat musim kemarau kita dapat memanen air hujan, untuk daerah yang memang curah hujannya rendah harus cerdas dalam memanfaatkan air hujan guna pengairan pertaniannya,” tambah Bambang.

Ia pun menambahkan sangat gembira karena panen semangka ini bertepatan dengan hari pangan sedunia. Ini menunjukkan bahwa Gunungkidul sudah dapat mengatasi kesulitan pangan.

“Panen semangka ini bertepatan dengan hari pangan sedunia, berarti kita mampu menunjukkan bahwa Gunungkidul bukan daerah, atau Kabupaten yang tandus lagi, dan Gunungkidul siap menjadi lumbung pangan DIY,” tutup Bambang.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here