Permudah Pemantauan PJU, Pemkot Pasang SLS

0

godepok-Pemkot. Guna meminimalisir aksi kriminalitas di Kota Depok yang kerap terjadi pada malam hari, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perhubungan bakal memasang Smart Lighting System (SLS) di sejumlah titik di Kota Depok untuk memantau kondisi penerangan jalan umum ( PJU) dari jarak jauh.

Kepala Dinas Perhubunga Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, pemasangan SLS tersebut bertujuan untuk menimalisir aksi keriminalitas yang kerap dilakukan pada malam hari serta mempermudah pemantauan serta melakukan perbaikan PJU yang mengalami gangguan dengan cepat.

“Dengan adanya SLS petugas dapat langsung mengetahui dan segera melakukan perbaikan PJU yang rusak saat itu juga, karena  SLS dapat memberitahukan di mana lokasi PJU yang padam, jenis lampunya, serta nomor tokennya dan jika lampu sudah diperbaiki, akan muncul pula notifikasi lampu sudah dapat berfungsi seperti sediakala,” ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Dadang mengatakan, PJU Smart System merupakan penerapan dari IoT atau Internet of Things.

IoT merupakan sebuah konsep di mana internet dapat dihubungkan ke benda-benda tertentu dan dapat dikontrol dengan perangkat nirkabel dan pada tahun 2018, Dishub Kota Depok telah memasang SLS di 350 titik.

“Sementara untuk di tahun ini kami akan  memasang SLS di 116 titik,” tandasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here