Polsek Semin Ringkus Pembuat Upal

0

godepokGunungkidul, Unit Reskrim Polsek Semin berhasil meringkus pelaku pembuat uang palsu. Kapolsek Semin AKP Arif Heriyanto memberikan keterangan kepada media, Kamis (14/1).

“Dari keterangan tersangka, uang palsu akan di pergunakan untuk menipu seseorang, karena tersangka sakit hati kepada orang tersebut,” ungkap Kapolsek Semin.

Pelaku berinisial A (30) warga Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Semin di wilayah Candirejo, Kapanewon Semin pada Rabu (13/01/2020) kemarin. Ia diduga menjadi pelaku tunggal pembuat uang palsu yang rencananya akan digunakan untuk menipu orang di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Atas perbuatannya itu, pelaku diancam Pasal 26 ayat (1) (2) UURI No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang Jo pasal 244 ayat (1) KUHP dengan ancaman 15 tahun hukuman penjara.

Lebih lanjut Kapolsek Semin mengatakan bahwa penangkapan pembuat uang palsu berawal dari laporan masyarakat yang curiga terhadap salah satu rumah yang melakukan aktivitas mencurigakan, setelah di selidiki ternyata dalam rumah tersebut melakukan aktivitas pembuatan uang palsu.

“Tersangka mengatakan keahliannya dalam membuat palsu di miliki setelah mempelajari pembuatan uang palsu dari YouTube,” tambah Kapolsek.

Dari hasil penangkapan di dapatkan barang bukti 44 lembar uang palsu pecahan 100 ribu dan uang mainan pecahan 100 ribu dan juga satu buah printer pencetak uang palsu.(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here