Pondokcina Pajang Boneka Pocong Bermasker Didalam Peti

0

godepokSeputarDepok, Ada pemandangan berbeda di jalan Jambu RT 03/06 Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji dimana ada replika pocong bermasker didalam peti warna putih.

Ketua RW 06 Kelurahan Pondokcina, Sihabudin Ucok kepada wartawan mengatakan bahwa ide membuat peti COVID-19 ini berawal dari gagasan pengurus dan Satgas COVID-19 RW 06. Peti mati dan ‘pocong’ itu sengaja dibuat warga setempat untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya COVID-19.

Pemasangan peti dan pocong ini untuk menyampaikan pesan kepada warga akan bahaya corona yang saat ini masih ada. Pesannya warga jangan abai protokol kesehatan karena corona berisiko kematian.

Menurut dia, sebagian warga di Depok masih banyak yang tak mematuhi penting protokol kesehatan. Padahal, protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, bisa mencegah penularan Covid-19.

“Intinya (replika pocong dan mumi) menyadarkan bahaya Covid-19 dan pentingnya protokol kesehatan,” ujarnya.

Spanduk yang terpasang juga berisi imbauan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Lakukan Selalu 3M. Sayangi diri Anda dan keluarga dari virus Covid 19. Covid-19 semakin tinggi dan perlu untuk mengingatkan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan. Replika itu paling tidak bisa mengingatkan bahaya Covid-19.

“Sebetulnya ini imbauan aja masa sih manusia kalah sama pocong, pocong aja pakai masker masa kita enggak mau,” katanya.

Menurut Sihabudin, pemasangan peti ini menuai beragam respons warga sekitar. Ada yang takut, namun ada yang melihat hal ini sebagai cara positif untuk mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Tanggapan beragam ada yang menanyakan ini positif, ada yang menyatakan takut karena memang bentuknya takut. Kalau dia yang takuti akan tersentuh masa sih kalah dengan pocong,” tuturnya.

“Tapi saya berpikir lebih baik warga takut engga pake masker, daripada (takut akan) boneka-bonekaan seperti ini,” tambahnya.

Sihabudin berharap dengan adanya boneka pocong didalam peti Covid 19 ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya virus Corona.

“Ya mudah-mudahan ke depannya kita tidak perlu mengimbau lagi, warga akan sadar sendiri new normal. Terutama masker minimal dan kita menjaga untuk diri kita, keluarga kita dan temen kita,” katanya.(dro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here