PPTMD dan PT PJR Perbaiki TPS Pasar Kemirimuka

0

godepokSeputarDepok, Perkumpulan Pedagang Pasar Tradisional Margonda Depok dan PT Petamburan Jaya Raya memperbaiki Tempat Pembuangan Sampah Sementara di Pasar Kemirimuka Kota Depok.

Ketua PPTMD Yaya Barhaya kepada wartawan mengatakan perbaikan TPS itu karena kondisinya yang memprihatinkan.

“Rata-rata tingkat kerusakan TPS itu mencapai 70-80 persen, makanya perlu mendapat perbaikan,”katanya.

Dia mengatakan kerusakan TPS itu sendiri, diantaranya adalah rata-rata TPS bagian lantainya rusak parah.

Selain itu, dinding pengamannya juga tidak ada, sehingga saat sampah menumpuk bisa menutupi akses jalan di Pasar Kemirimuka dari arah sejajar rel atau Jalan Kedondong.

“Dikarenakan kondisi TPS yang kurang baik menyebabkan sampah berserakan apalagi saat pada Hari Senin kadang kami lihat sampah menutup jalanan,”katanya.

Melihat kondisi itu PPTMD dengan PT Petamburan Jaya Raya selaku pemilik lahan Pasar Kemirimuka yang sah dan kuat putusannya melakukan perbaikan TPS.

Salah satu perbaikan membangun tembok agar sampah tidak meluber ke jalanan dan tidak ke saluran air yang bisa membuat saluran air menjadi mampet.

“Makanya perlu segera mendapat ┬áperbaikan agar sampah tidak tercecer dan menimbulkan masalah baru,”katanya.

Selain memperbaiki fasilitas pendukung pasar tradisional, langkah-langkah lain yang dilakukan PPTMD dan PT Petamburan Jaya Raya seperti parkir, wc umum, listrik dan sarana lainnya.

Dalam melakukan pembenahan tersebut PPTMD melakukan secara mandiri dan tidak melakukan pemungutan uang kepada pedagang serta tidak mendapatkan dana dari Pemkot Depok.

“Hal itu kami lakukan untuk menciptakan kawasan Pasar Kemirimuka menjadi aman, nyaman dan bersih sehingga konsumen betah untuk berbelanja di pasar ini,”katanya.

Yaya juga mengimbau kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan pasar Kemirimuka salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dan lebih baik sampah tersebut dilakukan pengolahan atau pemilahan.

Dengan melakukan pemilahan sampah maka bisa mengurangi volume sampah yang akan dibuang ke TPS Pasar Kemirimuka.

PPTMD dan PT Petamburan Jaya Raya untuk tetap melestarikan pasar tradisional Ini antara lain, memperbaiki beberapa sarana pasar Kemirimuka yang sudah tidak representatif lagi.

Di Tengah pertumbuhan sejumlah pasar modern dengan menjanjikan suasana berbelanja yang nyaman dan kualitas barang terukur, pasar tradisional Pasar Kemirimuka tetap dilestarikan dan dipelihara.

PPTMD dan PT PJR terus berupaya mempertahankan keberadaan pasar tradisional di tengah tumbuhnya pasar modern sebagai wadah para pedagang kecil yang ada di daerah itu.

“Kami tetap komitmen agar pasar-pasar tradisional yang ada di tidak tergerus oleh maraknya pertumbuhan pasar modem. Pasar tradisional ini harus tetap eksis di tengah pertumbuhan supermarket, toserba, swalayan, plaza dan pusat-pusat perbelanjaan besar lainnya,”katanya.(dro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here