Proses Seleksi Mahasiswa UI Terdapat Pembaruan

0
8
Universitas Indonesia

godepok – Pada proses Seleksi Nasional 2019, terdapat pula pembaruan diantaranya pada Jalur Penerimaan SNMPTN 2019, Sekolah dengan Akreditasi A ; B ; dan C dan lainnya memiliki kuota 40% ; 25 % ; dan 5% terbaik di sekolahnya.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis kepada wartawan pada Sabtu (12/1) mengatakan pada jalur Penerimaan SBMPTN 2019, metode ujian seluruhnya telah berbasis komputer atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

SBMPTN 2019 tidak lagi memberlakukan jenis ujian campuran melainkan hanya tersedia Saintek dan Soshum.

“Kami UI memiliki 122 program studi di empat program pendidikan (Vokasi, S1 Reguler, S1 Kelas Internasional dan S1 Paralel)”katanya.

Dia mengatakan terdapat program studi baru pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu S1 Kelas Internasional Pendidikan Dokter Gigi (Single Degree yang bekerja sama dengan Newcastle University UK dan ACTA Amsterdam).

Sedangkan pada program S1 Reguler adalah Ilmu Aktuaria dan Teknik Biomedis yang telah dibuka sejak tahun ajaran 2018/2019

Diharapkan, sosialisasi yang UI gagas ini dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif antara pihak kampus dengan siswa/i SMA/Sederajat yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

“Kami UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun SIMAK UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern.

Sejumlah pembaruan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UI tahun ajaran 2019/2020 yang perlu dipahami dengan seksama oleh Calon Mahasiswa Baru UI Jalur Masuk S1 Reguler UI 2019 adalah melalui Seleksi Nasional (SNMPTN & SBMPTN) serta SIMAK UI.

Jalur Masuk S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi UI 2019 adalah melalui PPKB/Talentscouting dan SIMAK UI.

Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Reguler UI adalah 40 persen (melalui SBMPTN) ; 30 persen (SNMPTN) dan 30 persen (Seleksi Mandiri melalui SIMAK UI.

Kuota Jalur Penerimaan untuk Vokasi UI adalah 30 persen (melalui SIMAK UI) dan 70 persen (PPKB)

Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Paralel UI adalah 50 persen (melalui SIMAK UI) dan 50 persen (PPKB).

Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Kelas Internasional UI adalah 60 persen (melalui SIMAK UI) dan 40 persen (Talentscouting UI.

Dia menambahkan, jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SNMPTN dan PPKB/Talentscouting UI akan dibuka pada 4 Februari 2019

Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SBMPTN akan dibuka pada 1 Maret 2019

Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SIMAK UI akan dibuka pada 10 Juni 2019

Materi Seleksi SIMAK UI adalah Menulis Esai (mengukur kemampuan softskill) dan Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Materi Seleksi SIMAK UI – Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science).

Materi ujian pada SBMPTN adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) – mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah.(dro godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here