Puskesmas Karangmojo II Kampanyekan GERMAS

0
25

godepok/Gunungkidul – Kemajuan suatu bangsa di ukur dari tingkat kesehatan masyarakat nya, sehingga masyarakat yang sehat mempengaruhi tingkat ekonomi dan juga pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat kecamatan karangmojo, kabupaten Gunungkidul. UPT Puskesmas karangmojo II melakukan kampanye Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) yang di langsukan di lapangan sepak bola Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Minggu (20/10/09).

Kepala Desa Bendungan Santoso mengatakan pemerintah desa bekerja sama dengan puskesmas karangmojo II terus melakukan kampanye Germas.

“Kami selalu menganjurkan kepada masyarakat kami agar terus menjalani pola hidup sehat, selain makan makanan yang bergizi, makan sayur dan buah dan juga harus melakukan olahraga minimal 30 menit,” ungkapnya.

Santoso juga menambahkan pemerintah desa juga telah menganggarkan di APBDes setiap tahun anggarannya untuk mendukung kampanye Germas.

“Lewat PKK dan kader posyandu kami terus mendukung dan menyokong program Germas ini dalam bentuk sosialisasi dan banyak kegiatan lainnya sehingga masyarakat bisa mengerti bagaiman seharusnya merawat kesehatannya sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat,” tambahnya.

Sementara itu kepala UPT Puskesmas Karangmojo II Purwanti SKM, MM di dampingi Program Promkes Tika Nurdyaningtyas AMd, Dan PJ UKM Bastia Sri W, SST saat awak media menemui di UPT Puskesmas Karangmojo II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul Mengatakan selain Germas ini program pemerintah pusat, program Germas di kecamatan karangmojo ini di latar belakangi oleh tingginya angka penderita penyakit tidak menular (PTM).

“Di dasari dari tingginya angka penderita penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung , TBC, kanker, dan ganguan jiwa sehingga kami merasa perlu untuk terus mengkapanyekan program Germas ini, selain Germas kami juga banyak memiliki program kesehatan yan kesemuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana memulai pola hidup sehat dan mengenali apa itu penyakit tidak menular (PTM),” ungkapnya.

Kampanye gerakan masyarakat hidup sehat di buka dengan kegiatan senam massal cek darah gratis dan konsultasi kesehatan pada warga Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo, kampanye Germas ini juga akan di adakan di desa-desa lain SE Kecamatan Karangmojo.
(WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here